Sukses

Penularan HIV

19 Oct 2014, 23:02 WIB
Pria, 32 tahun.
Dok, saya mempunyai mitra kerja (sebut saja Mrs. X). Menurut cerita Mrs. X, adiknya mengidap penyakit HIV/AIDS (didiagnosa oleh dokter dan sempat didatangi dirumahnya oleh KPA untuk didata). Adiknya ini tinggal serumah dengan Mrs. X. Mrs. X bekerja satu ruangan dengan saya, 6 hari dalam seminggu, 6 jam setiap harinya, dan sudah berlangsung sekitar 6 bulan. Tugasnya adalah membersihkan ruangan saya dan menyiapkan berkas-berkas yang saya perlukan. Selama ini saya tidak pernah kontak badan secara langsung (misalnya bersentuhan tangan) dengan Mrs. X. Saya tidak tahu Mrs. X sudah tertular dari adiknya / belum, dan sepertinya tidak mungkin untuk menyuruh Mrs. X melakukan pemeriksaan lab (takut tersinggung). Selama ini Mrs. X tampak sehat tanpa keluhan. Yang mau saya tanyakan : 1. apakah ada kemungkinan saya bisa tertular (dengan kondisi kerja seperti yang saya sebutkan di atas)? 2. bagaimana cara saya memproteksi diri agar tidak tertular HIV/AIDS (mengingat Mrs. X tinggal serumah dengan adiknya yang positif HIV/AIDS)? 3. apakah perlu saya memastikan diri saya dengan pemeriksaan lab (mengingat saya sudah sekitar 6 bulan bekerja bersama Mrs. X, dan Mrs. X baru cerita tentang adiknya seminggu yang lalu)? pemeriksaan apa saja yang diperlukan? Terima kasih sebelumnya atas waktu yang doker luangkan untuk menjawab pertanyaan saya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik.yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Jadi jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan. Saat ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan diri Anda selama tidak ada kontak langsung, sedangkan mengenai rekan kerja Anda juga belum tentu mengalami penularan selama tidak terjadi kontak langsung antara membran mukosa dan cairan tubuh pada rekan kerja Anda dengan saudaranya.

Menghindari penularan terjadi dengan penderita HIV adalah dengan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, ASI).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar