Sukses

Kutil Kulit

20 Oct 2014, 11:06 WIB
Pria, 13 tahun.
saya mau tanya dengan permasalahan di kulit jempol saya pada awalnya (klas 1 smp) ada kayak gunung di jempol saya dan karena saya usil saya pecahin keluar air yaudah saya keringkan setelah beberapa hari tumbuh gunung kulit dan membesar membesar. bila terkena air benjolan tersebut akan memutih terutama di bagian pinggir sekian cerita dari saya kalau butuh gambar Ym saya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara  yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan informasi yang Anda sampaikan, kami menduga nampaknya yang Anda keluhkan disebut dengan kutil. Kutil yaitu benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit dan sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. Papilloma ini sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya.

Kutil ini dapat dirawat sendiri di rumah. Obat kutil bisa dibeli di toko obat atau apotek. Carilah produk yang mengandung asam salisilat untuk mengelupas kulit yang terinfeksi. Bahan ini harus digunakan dua kali sehari, hingga beberapa minggu lamanya. Periksakan ke dokter jika kutil tidak hilang atau justru menyebar dengan perawatan di rumah.

Namun, yang kami sampaikan tetap merupakan dugaan karena kelaianan kulit membutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk kepastian diagnosis. Untuk itu kami tetap menyarankan agar Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar