Sukses

Pendengaran Berkurang

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 50 tahun.
Yth Dokter, Saat ini pendengaran saya berkurang, seperti kemasukkan air dan menggema di dalam telinga. Sebelumnya saya flu dan naik pesawat terbang, setelah pulang saya ke doketr THT, diberi antibiotik, obat flu racikan dan afirin, setelah obat habis, telinga juga belum sembuh, dan saya ke dokter tht lain katanya ada pembengkakkan di antara saluran hidung dan telinga dan saya minum obat nonflamin, ryzen serta diberikan nasonex spray, sdh 4 hari minum obat, tetapi belum ada juga perubahan. Dengan kasus saya ini, apakah pendengaran saya bisa pulih seperti semula lagi ?mohon pencerahannya dokter. wss.jerry
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nampaknya keluhan pendengaran terasa terganggu seperti kemasukkan air dan menggema di telinga yang Anda alami merupakan gejala Otitis Media. 

Otitis Media adalah peradangan pada sebagian atau seluruh dari selaput permukaan telinga tengah, tuba eustachius, antrum mastoid, dan sel-sel mastoid. Otitis media berdasarkan gejalanya dibagi atas otitis media supuratif dan otitis media non supuratif,  yang masing-masing memiliki bentuk yang cepat dan lambat. Gangguan ini biasanya diawali dengan infeksi saluran pernapasan sebelumnya.

Dengan adanya peradangan/pembengkakan pada telinga tengah, tuba eustachius, dan jaringan di sekitarnya dapat menyebabkan gejala rasa tersumbat pada telinga seperti yang Anda keluhkan. Dengan berkurangnya peradangan/pembengkakan dan tanpa terjadi komplikasi lainnya maka biasanya pendengaran Anda akan kembali seperti semula. Kami sarankan Anda bersabar dan juga kembali kontrol untuk melihat kembali perkembangan gangguan yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar