Sukses

Nyeri Dada Kanan

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok, sudah seminggu ini saya mengalami nyeri di dada sebelah kanan. nyeri itu terasa ketika saya menalan makanan, menarik nafas dalam, batuk, bersin dan terkadang saat bergerak. disamping itu saya juga merasa pegal dibagian punggung sebelah kanan. beberapa hari yang lalu sampai saat ini kepala saya juga pusing sekali, padahal tensi saya normal. saya memang memiliki banyak pikiran saat ini, apakah itu berpengaruh? kira2 saya sakit apa ya dok? terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah nyeri di dada sebelah kanan, terasa ketika menelan makanan, menarik nafas dalam, batuk, bersin dan terkadang saat bergerak, pegal punggung sebelah kanan, sakit kepala.
Keluhan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, lambung.

Jika karena gangguan otot atau persendian maka Anda perlu memperhatikan posisi Anda saat bekerja atau tidur dan melakukan perbaikan posisi. Anda bisa juga menggunakan krim anti nyeri yang dapat dioleskan pada bagian yang terasa nyeri dan pegal.

Apakah Anda memiliki sakit maag sebelumnya? Nyeri dada juga dapat merupakan gejala khas adanya peningkatan asam lambung dan naiknya asam lambung itu ke kerongkongan hingga pangkal lidah. Gangguan itu biasa disebut penyakit refluks gastroesofageal (PRGE) atau Gastroesofageal Reflux Disease (GERD). Penyakit ini juga dapat dipicu oleh stres emosional.

Untuk mengatasi nyeri karena peningkatan asam lambung, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar