Sukses

Keluar Darah: Hamil?

20 Oct 2014, 08:15 WIB
Wanita, 19 tahun.
Salama dok. saya mega (19). Sudah menikah. Siklus hadi saya di setiap awal bulan. Dan maju lima hari. Seharusnya saya hadi tanggal 25 Januari. Tapi pada tanggal tsb. saya berhubungan dengan suami. Dan di tgl 29nya keluar darah coklat. Tgl 30 pagi, saya keputihan kemudian disusul darah. Tgl 31nya keluar darah dalam intensitas sedikit. Tgl 1 sudah berhenti. Kemudian saya tespeck 2x. Hasilnya negatif. Padahal saya mengalami gejala mual dan muntah. Sampe sekarang mual terus terjadi. apa saya hamil ya dok ? terus perbedaan konkrit bercak coklat dan haid seperti apa? trims dok.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum melanjutkan menjawab pertanyaan Anda, kami perlu menanyakan beberapa hal. Apakah Anda melakukan hubungan seksual dengan suami Anda sebelumnya atau pada masa subur Anda? Jika ya maka sangat mungkin bahwa saat ini Anda mengalami kehamilan. Bercak kecoklatan dan perdarahan yang keluar dapat merupakan salah satu tanda pada kehamilan yaitu keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  •  sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  mual

  •  perasaan lelah

  •  daerah sekitar puting susu menghitam

  •  peningkatan suhu tubuh

  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  •  dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Terkadang pemeriksaan test pack dapat memberikan hasil negatif palsu jika kadar hormon HCG Anda belum mencukupi untuk terdeteksi oleh alat. Kami sarankan Anda mengulang pemeriksaan 1 minggu lagi dan juga mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan USG.

Apakah Anda melakukan hubungan seksual dengan suami Anda sebelumnya?

Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan untuk menyambut kehamilan. Untuk itu, sebagai informasi lengkap mengenai persiapan kehamilan dan perkembangannya serta bagaimana menjaga kandungan agar tetap sehat dan terhindar dari keguguran, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar