Sukses

Tumor Otak Bisa Disembuhkan?

17 Nov 2014, 16:44 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dear Dokter, saya punya pacar Dok menderita kanker otak, pertama kali CT scan 5 bulan yang lalu diameter kankernya mencapai 8 cm, kemudian menjalani pengobatan kankernya berangsur-angsur mengecil hingga 5 cm dan kemaren CT scan lagi kankernya sudah tidak tampak lagi tapi gejala pusing2nya masih ada tapi frekuensi dan tingkat rasa sakitnya Alhamdulillah agak berkurang. Selama ini dia menjalani kemo di rs tempat dia bekerja kebetulan dia juga seorang perawat di rs tsb. Selain kemo dia juga minum obat herbal yaitu "keladi tikus" dalam bentuk kapsul. Dan dokter menyarankan dia untuk tetap menjalani pengobatan selama 6 bulan lagi. Yang ingin saya tanyakan Dok, 1). Apakah kanker otak itu bisa sembuh total dan tidak kambuh lagi di masa yang akan datang? 2). Apakah penderita kanker otak itu boleh menikah dan punya anak dan apakah anaknya juga ada kemungkinan mengidap penyakit serupa?. Jujur Dok saat ini saya sangat bingung dan saya tidak tau keputusan apa yang harus saya ambil karena dari pihak keluarganya sudah menyakan kapan kami? saya ingin maju tapi saya ragu, saya ingin mundur tapi saya juga tidak tega. Pliss Dok, mohon bantu saya. Terima kasih salam ------ Bambang

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya izinkan kami membahas sekilas mengenai tumor otak. Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak melewati batas jaringan, tumbuh lamban, bersimpai atau berselaput pembungkus sehingga mudah dioperasi dan diangkat. Sedang tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat, tidak bersimpai, tumbuhnya menyusup ke bagian lain melalui pembuluh getah bening.

Otak merupakan sistem saraf pusat yang mengatur tubuh. Tergantung lokasi dan ukuran tumor, gejalanya akan berbeda-beda. Gejala dapat meliputi: pusing atau nyeri/sakit kepala, badan terasa lemah, kebas pada lengan dan kaki, perubahan pada ingatan, kesulitan berjalan, perubahan pada penglihatan, kesulitan bicara. dll. 

Sekitar 5% dari tumor otak memang dapat dihubungkan dengan faktor atau kondisi yang bersifat diturunkan (herediter atau genetik). Namun, untuk memperkirakannya, perlu diketahui jenis dari tumor otak yang diderita oleh penderita.

Tatalaksana tumor otak tergantung beberapa hal seperti tipe, lokasi dan ukuran tumor, serta usia pasien dan keadaan kesehatan secara umum. Terapinya dapat berupa operasi, terapi radiasi dan kemoterapi. 

Pengobatan yang umumnya diberikan adalah melalui:

  • Pembedahan atau operasi

  • Kemoterapi (dengan obat – obatan) atau

  • Radioterapi (menggunakan sinar radiasi).

  • Terapi hormonal

  • Terapi biologik

  • Imunoterapi (peningkatan daya tahan tubuh)

Secara umum biasanya digunakan lebih dari satu macam cara pengobatan di atas, misalnya pembedahan yang diikuti oleh kemoterapi atau radioterapi, bahkan seringkali pengobatan digunakan dengan kombinasi (operasi, kemoterapi dan radioterapi). Sesudah itu, kadang – kadang diberikan terapi hormonal dan biologik kebanyakan sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan utama operasi adalah mengangkat kanker secara keseluruhan, karena kanker hanya dapat sembuh kalau belum menjalar ke tempat lain. Sedangkan kemoterapi dan radiasi bertujuan untuk membunuh sel kanker atau menghentikan pertumbuhan sel kanker yang masih tertinggal, atau paling tidak memperlambat perkembangan sel kanker baru.

Angka keberhasilan pengobatan tumor otak bergantung dari tipe, lokasi, usia dan kesehatan umum pasien. Secara umum, seringkali pengobatan memberikan hasil yang baik. Penyembuhan pada tumor otak dapat terjadi meskipun sulit untuk sembuh 100% seperti sedia kala. Bila kanker sudah sedemikian lanjut, setidaknya pengobatan tersebut dapat berfungsi untuk mengurangi gejalanya.

Oleh sebab itu kami sarankan kekasih Anda untuk berkonsultasi ke dokter bedah syaraf. Dokter akan memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai pengobatan yang akan dijalani berikut dengan keuntungan dan kerugian serta prognosis. Tanpa pengobatan kanker tumor biasanya agresif dan berakibat kematian dalam waktu cepat. Pengobatan yang dipilih dan diberikan bertujuan untuk memperpanjang usia dan kualitas hidup pasien. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar