Sukses

Serba-Serbi Op. Sesar

18 Oct 2014, 20:26 WIB
Wanita, 29 tahun.
Selamat siang dok.. Sekitar 4 bulan yang lalu saya melahirkan dengan operasi sesar, namun sampai sekarang terkadang masih terasa sakit dibagian perut diatas luka bekas jahitan operasi. (dibagian lukanya sendiri tidak terasa sakit dan lukanya telah kering) apakah hal tersebut wajar? Berapa lama waktu penyembuhan untuk luka dalam (luka dibagian rahim) bekas operasi sembuh total?Apakah bila jahitan luar telah kering dibagian dalam juga dok? Selanjutnya dok, kapan sebaiknya saya hamil kembali ? karena saya sangat menginginkan dapat melahirkan normal untuk anak selanjutnya (VBAC). Untuk keterangan operasi cesar kemarin dilakukan karena ketuban pecah dini. mohon agar dokter berkenan menjawab, terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Perut yang terasa sakit pada wanita yang baru mengalami operasi sesar dapat terjadi bila melakukan aktivitas tertentu. Hal ini dapat disebabkan karena proses penyembuhan yang terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri. Proses penyembuhan luka operasi sesar sendiri dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, Ibu tidak dinajurkan untuk mengangkat barang berat dan  mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Jarak persalinan yang diperbolehkan setelah operasi sesar sebaiknya adalah 18-24 bulan untuk memberikan waktu bagi tubuh Ibu memulihkan diri dan juga menghindari risiko terjadinya ruptur pada kehamilan berikut. Jika memang panggul Anda tidak sempit dan proses selama kehamilan berikutnya terpantau baik maka masih memungkinkan bagi Anda untuk melahirkan secara normal (VBAC).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar