Sukses

Batuk dan Muntah Anak

20 Oct 2014, 07:13 WIB
Pria, 42 tahun.
Selamat pagi, Dokter yang baik, melihat anak saya batuk2 rupanya capek juga, apalagi anak saya itu. Batuk yang diderita anak saya disertai muntah dan batuk terjadi setelah makan dan bicara (kemungkinan ada rangsangan mem-batuk disekitar tenggorokan). Jika habis makan terbuang kembali, hal itu suatu kemubajiran/sia2. Bagaimanakah untuk mencegah agar setelah makan tidak batuk dan muntah? saran apa yang perlu dilakukan. Info: Untuk anak yg lain tidak mengalami batuk dan muntah dalam perlakuan yg sama. Terima kasih atas perhatiannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun, sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan: Berapakah usia anak Anda saat ini? Sudah berlangsung berapa lama batuknya? Bagaimana ciri batuknya (apakah berdahak atau kering)? Kapan saja batuk terjadi selain setelah makan dan bicara? Sudahkah diperiksakan ke dokter? Apakah sudah mengonsumsi obat batuk? Apakah batuk terjadi setiap kali makan atau hanya pada makanan yang tidak disukainya?

Batuk disertai muntah pada saat makan dapat menjadi pertanda dari banyak hal. Pertama perlu dipertimbangkan kemungkinan adanya sumbatan secara anatomis atau kelainan fisiologis pada saluran pencernaan atau pernapasan. Untuk memastikan hal ini diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang melalui kunjungan dokter. Jika kelainan struktur anatomis dan kelainan fisiologis saluran pencernaan dan pernapasan telah berhasil disingkirkan maka perlu dipertimbangkan masalah emosional yang bergantung pada usia anak dan karakternya. Terkadang, pada usia tertentu anak dapat menolak atau memuntahkan secara sengaja makanan-makanan yang tidak disukainya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar