Sukses

Lutenyl vs. Kehamilan

20 Oct 2014, 10:45 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok,saya sudah menikah 3thn tapi tidak memiliki keturunan,mungkin karna saya sulit datang haid,saya datang haid dulu bisa 6bulan sekali bahkan lebih,tapi sejak saya disaran kan teman saya minul utenyl sekarang udah rutin sebulan sekali,yg saya tanyakan brapa lama saya harus minum utenyl,dan bisa kah mempunya keturunan,makasih ya dok atas info
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami keinginan Anda dan pasangan  untuk segera memiliki keturunan. Seseorang memang dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu: belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Bagaimana dengan Anda dan suami Anda?

Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk dicari tahu penyebabnya, baik dari pihak istri maupun dari pihak suami. Untuk memeriksakan fungsi reproduksinya, seorang wanita dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sementara seorang pria dapat berkonsultasi dengan dokter urologi atau andrologi. Bagi wanita diperlukan pemeriksaan USG rahim, dan/atau pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon untuk mengetahui fungsi reproduksinya.  Selain Anda, suami Anda juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma.

Haid yang tidak teratur memang dapat menjadi salah satu penyebab sulitnya mendapatkan keturunan karena tidak terjadi siklus pengeluaran sel telur sehingga tidak memungkinkan untuk terjadinya pembuahan. Untuk itu, perlu dicari penyebab dari tidak teraturnya siklus haid Anda.

Lutenyl adalah obat yang mengandung turunan hormon progesteron. Obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena hanya diberikan apabila terdapat indikasi yang sesuai, misalnya: ketidakseimbangan hormon pregesteron atau pada wanita yang mengalami perdarahan.

Untuk Ibu dan suami, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk menjalani pemeriksaan menyeluruh. Jika memang terdapat masalah dengan hormon maka dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan ketidakseimbangan hormon yang terjadi.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar