Sukses

Apakah Masturbasi Menyebabkan Nyeri Pinggang?

16 Nov 2014, 08:49 WIB
Pria, 18 tahun.

dok ,saya mau tanya. apakah ada hubungan dan pengaruh sakit pinggang dan masturbasi/onani?? thx

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami harus mengajukan beberapa pertanyaan sebelum menjawab pertanyaan Anda. Bagaimana nyeri pinggang yang Anda alami? Sejak kapan sakit pinggang tersebut timbul? Kapan nyeri pinggang itu timbul? Apakah hanya setelah melakukan masturbasi atau onani? Apakah nyeri tersebut menetap atau hilang timbul? Apakah nyeri pinggang tersebut menjalar ke paha? Apakah ada keluhan lain yang menyertai? Apakah ada keluhan buang air kecil? Apakah Anda sebelumnya terjatuh?

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sering. Kebiasaan melakukan masturbasi dapat menimbulkan masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, berdoa, beribadah, dll. Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi seperti melihat gambar atau membaca buku-buku yang merangsang. 

Masturbasi atau onani sendiri tidak memiliki pengaruh terhadap kesehatan pinggang. Kami menyarankan agar Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk keluhan tersebut. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mengetahui tatalaksana yang tepat sesuai kondisi Anda.

Berikut terdapat artikel mengenai untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda : Bermasturbasi pada Pria

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar