Sukses

Menyusui Ketika Hamil

17 Nov 2014, 09:19 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dokter yang baik, Saya sekarang masih menyusui anak saya yang usianya 13 bulan, walaupun menyusuinya lebih banyak di malam hari karena saya bekerja. Yang menjadi permasalahan, hari ini (5 Februari 2011) saya melakukan tes kehamilan dan hasilnya positif, kalau dari hitungan saya usia kehamilan saya kurang lebih 5 minggu (HPHT saya 30 Januari 2011). Yang ingin saya tanyakan, jika kehamilan ini berlanjut, bolehkah saya terus menyusui anak saya Dokter? Mohon penjelasannya, karena sebenarnya saya ingin menyusui anak saya sampai 2 tahun dan kehamilan ini juga sedikit tidak direncanakan. Terima kasih atas perhatian dan jawabannya Dokter.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa menyusui ASI dapat merangsang kontraksi rahim. Hal ini tidak akan menjadi masalah pada kehamilan yang normal. Namun, bila terdapat riwayat persalinan prematur atau bila ada nyeri rahim atau perdarahan, sebaiknya pemberian ASI tidak dilanjutkan.

Beberapa hal yang perlu diketahui bila Ibu memutuskan untuk memberikan ASI saat hamil adalah perubahan-perubahan yang dapat disadari oleh anak pertama Ibu. Walaupun ASI yang keluar tetap bernutrisi selama kehamilan, kandungannya akan berubah sehingga rasanya pun berubah.

Selain itu, jumlah produksi ASI akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan. Karena itu, secara alami anak pertama Ibu akan mengalami penyapihan sebelum adiknya dilahirkan.

Kenyamanan Ibu juga akan terpengaruh. Selama kehamilan, tidak jarang terdapat keluhan nyeri pada puting dan payudara secara keseluruhan. Rasa nyeri ini dapat meningkat saat menyusui. Rasa lelah atau fatigue juga dapat menjadi tantangan tersendiri. Ibu akan memerlukan bantuan atau dukungan dari keluarga. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter kandungan dan kebidanan untuk keadaan Anda saat ini.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda : Serba-serbi Menyusui

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar