Sukses

Penyembuhan Demam Tifoid

19 Oct 2014, 16:55 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dear team dokter, saya positiv tipes (salmonelly tiphy positive 4) sudah minum dokter antibiotik 10 hari, namun setelah 3 minggu, demam dan lemes sdh jarang, namun diperut kiri atas masih sering nyeri, dan perut bawah masih sering rasa ga enak seperti mules, sering buang gas bisa 15x sehari, sekarang malah agak mencret. Mungkinkah bakteri nya belum tuntas terbasmi, ataukah ada luka diusus yg belum pulih? Mohon pencerahan dari dokter. Trimaksih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, penurunan nafsu makan dan nyeri perut.  Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung. Gejala penyakit demam tifoid dapat berlangsung antara 10-14 hari.

Bila memang Anda sudah memasuki minggu ke-3, maka seharusnya Anda sudah memasuki masa penyembuhan dan gejala-gejala yang ada sudah mulai berkurang.

Masa penyembuhan untuk penderita demam tifoid juga memang berbeda-beda, juga dipengaruhi oleh aktivitas dan diet yang dilakukan. Anda sebaiknya menghindari aktivitas yang terlalu berat.

Berikut ini panduan makanan bagi penderita demam tifoid:

  • Hindari makanan berserat tinggi dan sedang, susu, produk susu, dan daging berserat kasar, makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam
  • Makanan lebih baik dimasak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu yang tidak terlalu panas atau dingin agar tidak merangsang pencenaan
  • Makanan lebih baik diberikan sering namun dalam porsi kecil
  • Bila diberikan untuk jangka waktu lama atau dalam keadaan khusus, perlu disertai suplemen vitamin dan mineral, atau makanan formula.

jika memang gejala-gejala yang ada semakin memburuk dan tidak mengalami perbaikan maka sebaiknya Anda kembali mengunjungi dokter untuk melihat apakah terjadi komplikasi.

Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel berjudul: Demam Tifoid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar