Sukses

Hasil Pemeriksaan Antibodi HIV 2

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 29 tahun.
terima kasih ya dokter atas jawabannya, dokter periode saya untuk periksa lagi brp lama ya dok, itu pemeriksaan saya yang pertama, saya periksa hiv ag/ab combo untuk jaga 2 saja dok, kalau itu bukan virusnya angka 0.14 itu menujukan apa yah dok ? dan apa itu berbahaya ? Thanks.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemeriksaan skrining awal antibodi HIV biasanya menggunakan metode ELISA. Pada metode ini, serum (darah) pasien dicampur dengan antigen HIV untuk mengetahui adanya antibodi HIV untuk kemudian dicampur kembali dengan reagen enzim untuk memastikan hasilnya. Metode ini menggunakan sejumlah protein (enzim dan substrat) yang dapat berikatan meskipun bukan antibodi HIV. Untuk itu digunakan nilai acuan/batas nilai dari hasil yang ada untuk menentukan hasil positif atau negatifnya.

Jika hasil skrining tes yang pertama hasilnya negatif maka masih terdapat kemungkinan pasien sedang berada dalam periode jendela. Periode jendela dari masa infeksi HIV biasanya berlangsung dari 3-6 minggu, tapi dapat mencapai 3-6 bulan. Untuk itu sebaiknya, Anda kembali memeriksakan diri 3 bulan dan 6 bulan kemudian. Selama waktu tersebut, perlakukan diri Anda dengan baik karena pasien yang telah terinfeksi dan sedang berada dalam periode jendela telah dapat menularkan infeksi tersebut kepada orang lain. Anda sebaiknya mengambil tindakan untuk:

1. Tidak melakukan hubungan seksual (oral, anal atau genital).

2. Tidak buang air besar atau kecil sembarangan.

3. Tidak menggunakan sikat gigi atau pisau cukur bersama.

4. Jangan melakukan terapi akunpuntur, membuat tato atau menindik anting.

5. Jangan mendonorkan darah, organ atau sperma.

6. Menghentikan segala tindakan dengan jarum suntik.

Kami memahami kekhawatiran Anda, kami sangat menyarankan agar Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan yang akurat serta konseling untuk mengatasi kondisi kesehatan Anda serta mendapatkan penanganan yang sesuai. Dokter akan memandu Anda untuk mendapatkan penanganan yang baik dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar