Sukses

Keputihan Seperti Nasi

20 Oct 2014, 11:04 WIB
Wanita, 22 tahun.
selamat siang, saya mau bertanya mengenai keadaan yang sekarang saya hadapi, setiap saya selesai berhubungan suami istri, vagina saya terasa sangat perih dan panas, kulit bibir vagina pun jadi berwarna kemerahan, disertai gatal2 juga. kadang keluar lendir seperti nasi basah, dan saat saya masukkan jari saya ke lobangnya dan kemudian saya keluarkan, ada banyak sekali lendir seperti nasi itu. sebenarnya ini disebabkan oleh apa? apakah mengakibatkan kemandulan? kemudian langkah apa yang harus saya lakukan agar bisa sembuh dan hal ii tidak terulang lagi? soalnya kejadian seperti ini sudah berulang. obat apa yang disarankan untuk mengobati penyakit saya? terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

 

 

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Nampaknya apa yang Anda alami adalah keputihan. Keputihan dalam jumlah banyak hingga mengeluarkan gumpalan seperti nasi patut diwaspadai. Sebenarnya keputihan itu sendiri terbagi dua, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakter

 

 

 

 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

 

 

 

Jika memang cairan yang keluar dari vagina Anda sudah sangat mengganggu seperti yang Anda alami kemungkinan terdapat infeksi pada saluran reproduksi Anda. Kami sarankan Anda segera memastikan dengan cara pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Karena perlu dipastikan penyebabnya sehingga dapat memperoleh penanganan yang optimal.

 

 

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 


 

 

 

Salam,

 

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar