Sukses

Hidrops Fetalis

19 Oct 2014, 22:32 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dokter, saya sedang hamil 23 minggu dan janin saya mengalami hydrops fetalis dengan dugaan penyebabnya adalah kekurangan protein dan infeksi virus tokso (hasil uji lab). Dokter saya menganjurkan untuk menjalani tindakan penyedotan cairan dalam perut janin dengan jarum melalui perut saya. Apa resiko dari tindakan itu dok?? Apakah benar-benar kecil kemungkinan calon anak saya bisa bertahan smp waktunya lahir nanti dok?? Terima kasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Kilkdokter.

Kami memahami kekhawatiran dan keresahan Anda.

Hidrops fetalis merupakan kondisi ketika terjadi penumpukan cairan atau edema (pembengkakan) pada fetus (janin), setidaknya pada 2 bagian rongga tubuh janin. Lokasi di mana biasanya terjadi penumpukan cairan adalah:

1. Jaringan subkutan/kulit kepala

2. Lapisan pembungkus paru (pleura)

3. Lapisan pembungkus jantung (perikardium)

4. Rongga perut

Penumpukan cairan dapat terlihat pada jaringan bawah kulit janin, dan seringkali dapat menyebabkan aborsi spontan. Hal ini merupakan suatu bentu gagal jantung pada janin, yaitu kondisi ketika jantung janin tidak dapat memenuhi kebutuhan aliran darah yang tinggi.


Keputusan untuk melakukan tindakan mengambil cairan dari rongga perut janin Anda memang bukan tanpa risiko, terutama risiko terjadinya kegagalan tindakan. Namun hal ini sangat bergantung pada kondisi Ibu dan janin. Jika dilakukan oleh dokter yang memiliki kompetensi maka sebenarnya tindakan ini dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas kondisi janin dalam kandungan. Namun saat ini yang perlu Anda perhatikan adalah untuk menanyakan pada dokter Anda bagaimana dengan kondisi janin Anda. Kondisi hidrops fetalis sangat bervariasi dari yang cukup bisa ditoleransi hingga kondisi yang sangat mengkhawatirkan, sehingga kami sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda apakah bayi Anda mengenai kemungkinan bayi Anda dapat bertahan hingga lahir atau tidak. Hal ini sangat bergantung pada kondisi janin Anda.

Kami sarankan Anda juga mengonsultasikan mengenai kualitas hidup anak Anda setelah dilahirkan nanti. Saat ini Anda perlu terus memantau kehamilan Anda dengan dokter kandungan Anda dan tetap memanjatkan doa karena tidak ada satupun dokter yang berkuasa terhadap nyawa dan jalan hidup manusia, namun hanya Tuhan Maha Penciptalah yang menentukannya, termasuk bayi yang Anda kandung. Kami turut berharap yang terbaik bagi kondisi janin Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar