Sukses

Hasil Pemeriksaan Antibodi HIV

19 Oct 2014, 00:48 WIB
Pria, 29 tahun.
halo doc saya mau tanya, saya sudah cek laboratorium anti hiv hasilnya 0.14
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi HIV, dapat dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan yang saat ini sering digunakan adalah tes antibodi, tes ini mudah dilaksanakan dan biayanya murah. Bila pada tes antibodi ditemukan hasil yang positif, maka pemeriksaan harus diulang dan bila masih positif dilakukan tes konfirmasi dengan tes Western Blot. Bila Western Blot tidak tersedia, maka hasil dinyatakan positif bila tes antibodi menunjukkan tiga kali hasil yang positif. Sebaliknya, hasil yang negatif dapat berarti seseorang tidak terinfeksi HIV atau masih berada dalam periode jendela.

Hasil non-reaktif menandakan bahwa Anda memang tidak terjinfeksi HIV atau memang sedang berada dalam periode jendela di mana antibodi HIV belum dapat terdeteksi. Apakah ini merupakan pemeriksaan laboratorium yang pertama atau merupakan ulangan?

Anda tidak perlu mengkhawatirkan angka tersebut. Itu merupakan persentase reaksi antara reagen dan serum Anda, namun belum mencapai standar diagnosis. Meskipun demikian pemeriksaan skrining awal masih perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan konfirmasi untuk memastikan hasil pemeriksaan laboratorium.

Untuk itu, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda dan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan hasil skrining awal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar