Sukses

Menunda Menopause

17 Nov 2014, 03:17 WIB
Wanita, 53 tahun.

menepouse. dok saya mau tanya sampe sekarang saya masih rutin menstruasi.waktunya masih biasa 5-7 hari saya sudah periksa hormon, hasilnya kira2 masih 30%.sampai kapankah masa mens saya berhenti,bagaimana menunda menopouse, makanan apa yg dpt meningkatkan kadar hormon saya.terima kasi.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Menopause adalah tidak terjadinya periode menstruasi selama 12 bulan akibat dari tidak aktifnya folikel sel telur. Usia rata-rata menopause berkisar 43 – 57 tahun. Namun, kami tidak dapat menentukan dengan pasti sampai kapan siklus menstruasi Anda akan berhenti, karena menopause merupakan suatu kondisi alami yang pasti akan dialami oleh setiap wanita dan tidak bisa dihindari. Hanya saja waktu terjadinya berbeda-beda untuk setiap orang, hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti faktor keturunan, pola hidup seseorang, penyakit yang mempengaruhi kondisi rahim dan lain sebagainya. 

Karena kita tidak dapat memprediksi kapan seseorang akan mengalami meopouse, yang dapat kita lakukan adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebetulnya, pola hidup yang sehat harus ditanamkan sejak usia muda. Beberapa ahli menemukan bahwa menopause dapat ditunda dengan menjalani gaya hidup sehat sejak usia masih muda. Menunda menopause berarti mencegahnya terjadi lebih secapt dari yang semestinya. Umumnya menopause terjadi pada kisaran usia 45-50 tahun. Hal yang dapat Anda lakukan untuk menunda terjadinya menopause adalah dengan menjalani hidup sehat seperti beristirahat yang cukup dan teratur, berolahraga, mengindari stres, polusi, rokok dan minum-minuman beralkohol serta mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung antioksidan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Berikut merupakan beberapa contoh makanan yang dipercaya dapat menunda atau memperlambat timbulnya menopause :

  • Kemangi. Tumbuhan ini mengandung triptofan yang diyakini mampu menunda menopause juga senyawa lain yang diperlukan tubuh untuk merangsang produksi hormon esterogen dan androgen.

  • Kecambah, tempe, kacang kedelai, kacang merah, gandum. Pada makanan-makanan ini terkandung didalamnya zat phytoesterogen, yaitu zat yang serupa dengan hormon esterogen pada wanita.

  • Kulit buah manggis

  • Royal jelly dan Madu. Madu mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein, asam lemak esensial, asam amino, vitamin B kompleks dan mineral yang berkhasiat membantu regenerasi sel, meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan otak.

  • Mengurangi konsumsi kafein. Dengan berkurangnya kadar nikotin dan kafein dalam tubuh dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh

?Berikut kami sertakan beberapa artikel terkait untuk menambah informasi Anda 

Menopause

7 Makanan Penunda Penuaan

Berat Bertambah Pasca Menopause

Yoga Selamatkan Wanita Menopause

Gejala-Gejala Menopause

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar