Sukses

Flek Coklat pada Kehamilan

15 Nov 2014, 22:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya sudah menikah 1 tahun tp blm hamil, skrg saya sedang mengalami flek coklat bru 2 hri tp sdikit skli. dlu stlh mnikah 9 bulan sy jg mglami flek coklat sktr 1 minggu, lalu sy ke dokter kandungan, rahim sy di USG, kt dokter flek coklat saya karena hormon di rahim. yg saya tanyakan knapa bisa ada hormon di rahim saya sampai menyebabkan flek coklat?apa itu yg menyebabkan saya belum hamil-hamil? terus bolehkah saya berhubungan intim dg suami saya selama saya keluar flek coklat? start keluar flek coklatnya sekitar 1 minggu setelah suci haidh dok. Mohon jawabannya ya dok.trims...

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi Anda. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda. Memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah :

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

  • Keguguran 

  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

  • dan lain-lain

Kami menyarankan untuk tetap memeriksakan rutin kehamilan Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan darah untuk memastikan bahwa Anda dan bayi dalam kandungan dalam kondisi sehat dan menyingkirkan berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab terjadinya perdarahan tersebut. Dokter akan memberikan terapi sesuai dengan penyebab timbulnya flek-flek darah pada Anda. Jika memang dokter mengatakan tidak berbahaya maka Anda tidak perlu khawatir, karena memang 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan).

Mengenai pertanyaan kedua Anda mengenai berhubungan seksual saat kehamilan. ?Jika kondisi kehamilan Anda sehat, sebenarnya tidak masalah untuk melakukan hubungan seksual (dengan ejakulasi di dalam) saat hamil pada usia kehamilan berapapun. Asalkan tidak ada keluhan yang mengikuti hubungan seksual Anda dan pasangan seperti flek perdarahan, cairan ketuban merembes, rahim kontraksi terus menerus, dan riwayat keguguran berulang maka hubungan seksual dalam kehamilan diperbolehkan. Namun, apabila kondisi saat ini Anda sedang ada keluhan mengeluarkan flek kecoklatan, maka kami menyarankan untuk tidak berhubungan seksual terlebih dahulu hingga keluhan flek tersebut teratasi.

Sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi memang mampu menimbulkan terjadinya kontraksi rahim, selain itu aktivitas yang dilakukan saat berhubungan badan juga berisiko menimbulkan terjadinya perdarahan pasca senggama. Namun, jika kondisi kehamilan Anda sehat, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Janin sebenarnya tidak akan terpengaruh karena dilindungi oleh plasenta, dan kontraksi rahim yang timbul saat orgasme tidak cukup kuat untuk mencetuskan persalinan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar