Sukses

Apakah Sirosis Hati Menular?

16 Aug 2015, 08:24 WIB
Pria, 31 tahun.

saya mau bertanya sekitar 5 bulan yg lalu ibu saya mengidap penyakit hati (sirosis) pada waktu itu kejadian nya ibu saya mengalami kejang hebat samapai tidak sadarkan diri dan menggigit lidah nya sampai berdarah, karena saya takut lidah ibu saya putus maka saya tahan dengan jari kelingking saya dan sampai berdarah juga, yang saya tanyakan apabila saya terinfeksi virus dengan media darah dari ibu saya dan dinyatakan positif, apakah masih bisa disembuhkan secara total? karena akhir2 ini bagian dada kanan saya mungkin hati selalu terasa sakit agak nyelekit gitu...apa yang harus saya lakukan? tolong penjelasan nya secara mendetail...trims.... Saudara yang Terhormat, Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Sirosis hati merupakan suatu kondisi terminal dari penyakit hati kronik. Di Indonesia, seringkali penyakit ini disebabkan oleh infeksi hepatitis B dan C. Sebagian pasien yang terinfeksi hepatitis B atau C bisa saja tidak memiliki keluhan (tanpa gejala/asimtomatik). Hal ini baru disadari saat penyakit telah memasuki stadium akhir. Selain infeksi sirosis hati dapat juga disebabkan karena perlemakan hati (fatty liver), kebiasaan minum alkohol dalam waktu lama dan rutin, obat ? obatan yang menganggu fungsi liver dalam waktu yang lama, jamu ? jamuan, dan makanan dengan bahan pengawet. Untuk membaca lebih jelas mengenai sirosis hati, Ibu dapat mengunjungi halaman artikel kami berikut ini: https://www.klikdokter.com/illness/detail/224 . Jika sirosis hati yang terjadi dikarenakan adanya infeksi Hepatitis B atau C, maka penularan yang terjadi adalah melalui cairan tubuh umumnya seperti darah, sperma, dan mungkin sejumlah kecil melalui keringat (beberapa persen). Namun, jika sirosis hati disebabkan karena penyebab non infeksi maka tidak akan menular. Bagaimana dengan sirosis hati yang dialami oleh ibu Anda? Apakah sudah diketahui penyebab dari sirosis hati nya? Sebaiknya pstikan terlebih dahulu keadaannya pada dokter spesialis penyakit dalam. Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI) salam, Redaksi Klikdokter sepertinya ibu saya mengidap sirosis akibat mengkonsumsi obat2 an terlalu lama? apakah saya tertular...pabila harus saya periksa apa yang harus saya periksa...apakah darah atau apa? pabila saya donor apakah dapat terdeteksi secara dini apabila saya tertular hepatitis? trims dok...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Sirosis hati merupakan suatu kondisi terminal dari penyakit hati kronik. Di Indonesia, seringkali penyakit ini disebabkan oleh infeksi hepatitis B dan C. Jika pada ibu anda dapat dipastikan bahwa penyebab bukan karena hepatitis, maka sirosis hati itu sendiri tidaklah menular. Yang menular, adalah virus hepatitis yang ada dalam tubuh penderita hepatitis yang bisa saja telah mengalami sirosis tersebut. Untuk memastikannya, anda dapat terlebih dahulu bertanya kepada dokter yang merawat ibu anda, apa penyebab sirosis yang diderita ibu anda.

Kemudian, anda dapat melakukan pemeriksaan kepada dokter. Untuk menilai ada/tidaknya gejala dan tanda dari penyakit (misalnya gangguan hati) yang terjadi pada anda. Mungkin saja dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang untuk anda lakukan, seperti pemeriksaan darah (melihat fungsi hati, ada/tidaknya virus hepatitis dalam tubuh, atau antibodi terhadap virus hepatitis) dan USG perut jika dibutuhkan.

Untuk itu, segeralah memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar