Sukses

Belum Haid Setelah Melahirkan,Hamil?

18 Nov 2014, 02:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter saya ingin bertanya, istri saya telah melahirkan anak kami sekitar 3 bulan yang lalu melalui bedah cesar. Tapi sampai sekarang dia belum haid juga, lalu timbul keluhan - keluhan seperti pada saat hamil trimester pertama. Apakah mungkin istri saya hamil lagi, kalau memang tidak, apa penyebab keluhan yang dirasakan istri saya. Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kelahiran buah hati Anda. Apakah isteri Anda sedang menyusui? Jika iya, Belum kembalinya siklus menstruasi setelah melahirkan dapat merupakan hal yang wajar terjadi karena perubahan hormonal di tubuh ibu yang menyusui. Hormon prolaktin akan menekan estrogen dan menghambat terjadinya menstruasi pada ibu menyusui. 

Saat menyusui, hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal dimana hipothalamus mengeluarkan Gonadotrophin Releasing Hormone (GnRH) yang menekan pengeluaran Luteinizing Hormone (LH) dan menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Jadi, dapat dikatakan bahwa menyusui merupakan salah satu metode kontrasepsi alami yang sangat efektif  bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Ibu sama sekali belum pernah mendapat menstruasi sejak melahirkan

  • Bayi berusia < 6 bulan

  • Menyusui setiap 4 jam pada siang hari, dan setiap 6 jam pada malam hari

  • Makanan tambahan hanya diberikan 5-10% dari total

Angka keberhasilan metoda ini dapat mencapai 98-99,5%. Kehamilan terjadi pada 2 per 100 wanita 6 bulan setelah melahirkan, dan 6 per 100 wanita 6-12 bulan setelah melahirkan. Anda tidak perlu merasa khawatir karena keadaan amenorea atau tidak mendapatkan menstruasi selama menyusui bervariasi setiap individu (antara 3 bulan-2 tahun), dan ini merupakan hal yang normal.  Siklus haid setelah melahirkan  dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Selama isteri Anda menerapkan metode amenorea menyusui (Lactation Amenorrhea Methode/LAM) secara penuh dengan memerhatikan persyaratan tersebut di atas, Anda tidak memerlukan metoda kontrasepsi lain. Namun sebagai alternatif, Anda dapat memilih kontrasepsi yang tidak mengandung hormon. Beberapa pilihannya antara lain adalah kondom, diafragma, senggama terpututs dan alat kontrasepsi dalam rahim seperti spiral dan IUD. 

Apakah istri Anda sudah pernah memeriksa tes kehamilan (test pack) akhir-akhir ini? Apakah menggunakan kontrasepsi setelah melahirkan? 

Karena kurangnya data yang Anda paparkan serta keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, maka kami tidak dapat memastikan apakah isteri Anda dalam keadaan hamil atau tidak. Jika isteri Anda memberikan ASI eksklusif kepada anak Anda(menyusui), kemungkinan penyebab belum kembalinya haid isteri Anda adalah karena suatu proses yang normal sebagai hasil penerapan MAL(Metode Amenore Laktasi). Namun, kemungkinan kehamilan juga masih dapat dipikirkan karena belum dilakukannya pemeriksaan kehamilan. Oleh karena itu, kami menyarankan isteri Anda untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack atau berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Kami juga menyarankan istri Anda untuk memulai menggunakan alat kontrasepsi bila tidak ingin punya Anak lagi dalam waktu dekat.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Pola Makan Terhadap Siklus Haid

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar