Sukses

Cara Pemakaian Obat Penguat Kandungan

18 Nov 2014, 00:13 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, saya diberikan obat penguat kandungan yang dimasukkan melalui vagina atau dubur. selama ini saya memasukkannya melalui dubur karena agak takut bila melalui vagina. Apakah aman dok dimasukkan melalui vagina? Saat ini saya sedang hamil kira2 4-5 minggu, apakah riskan bila melakukan perjalanan keluar kota? terima kasih.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Obat penguat rahim adalah jenis preparat hormonal yang mengandung progesteron. Cara penggunaan obat juga bermacam-macam tergantung jenis obat yang Anda gunakan. Ada jenis obat penguat kandungan yang penggunaannya secara oral(diminum) dan ada pula yang dimasukkan melalui vagina ataupun dubur, namun pada prinsipnya obat tersebut bertujuan untuk menguatkan kandungan Anda. Selama Anda menggunakannya dengan benar sesuai dengan indikasi dan petunjuk yang dokter Anda berikan maka seyogyanya tidak akan membahayakan kandungan Anda.

Bepergian jauh saat sedang hamil memang tidak disarankan. Hal ini mengingat risiko kelahiran prematur, trombosis vena dalam pada kaki, dan sebagainya. Trimester pertama adalah saat rawan dimana perkembangan organ janin sedang berlangsung. Selain itu, janin belum sepenuhnya menempel kuat pada dinding rahim, sehingga adanya guncangan saat melakukan perjalanan dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu kondisi Ibu harus betul-betul baik dan sebaiknya menghindari perjalanan jauh agar tidak terjadi trauma sekecil apapun karena ditakutkan akan membahayakan janin. Untuk menjaga kehamilan usahakan Anda jangan terlalu mengalami kelelahan baik fisik maupun lelah mental.

Namun apabila perjalanan jauh tidak dapat dihindari, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan dan kebidanan Anda untuk memastikan bahwa kondisi Anda dan kandungan Anda dalam keadaan baik dan siap melakukan perjalanan dengan segala resiko yang mungkin akan Anda hadapi beserta cara penanggulangannya.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda pada saat pemeriksaan rutin kehamilan (Ante Natal Care), agar dapat menghilangkan kekhawatiran Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar