Sukses

Diabetes & TB Paru

13 Nov 2014, 23:11 WIB
Wanita, 41 tahun.

Dok saya adalah penderita DM yang tidak patuh, tahun 2009 saya dirawat di RS surabaya ok tb paru, setelah sudah baik saya diperbolehkan pulangdan diberi obat insulin injeksi dan obat program tb, setelah saya minum selama +- 6 bulan saya merasa agak baik, tetapi 2 bulan kemudian saya terserang batuk kembali, dan saya mengkonsumsi obat tb program selama 4 bulan saya merasa baikan, tetapi bulan berikutnya koq batuk sampai muntah darah padahal saya sedang mengkonsumsi obat tb program. Yang ingin saya tanyakan mengapa pengobatan saya kurang berhasil dan apa pengaruh diabetes ke tb paru, hasil pemeriksaan rontgen terlihat ada 1 kavitas di paru kanan dan 1 kavitas diparu kiri dengan DD abses paru, atas jawabannya saya sampaikan terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Diabetes dan TB paru sama-sama merupakan penyakit kronis (berlangsung lama) dengan penyembuhan yang lama. karena itu kedua penyakit ini sama-sama dapat menurunkan imunitas (daya tahan tubuh) karena proses infeksi dari tb dalam waktu lama dan gangguan metabolisme gula darah pada diabetes. Kebanyakan orang yang diabetes karena memiliki pertahanan tubuh yang kurang karena proses penyakitnya, gampang terkena infeksi, salah satunya adalah tb paru. 

Penanganan kedua penyakit ini harus saling berdampingan. Seperti yang Anda katakan bahwa Anda tidak patuh dalam pengobatan diabetes, proses infeksi tb pun akan sulit disembuhkan total dan dapat terjadi kekambuhan seperti yang Anda alami. 

Saran kami adalah Anda berobat diabetes dan tb paru secara disiplin. Dan konsultasikan ke dokter Anda mengenai keluhan Anda. Bila tb paru terus berulang atau tidak kunjung sembuh, kemungkinan Anda resisten (kebal) terhadap pengobatan TB, dan perlu obat pengganti untuk TB yang resisten terhadap obat TB lini 1. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar