Sukses

Tanda Hamil? 3

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 21 tahun.
dok saya baru saja membaca jurnal dari seorang dokter, di jurnal itu dia mengatakan bahwa berhubungan badan saat menstruasi bisa menyebabkan kehamilan, mohon penjelasannya, Lalu apakah berhubungan badan saat menstruasi hari ke 4 mampu menyebabkan kehamilan? Karena jurnal tersebut saya menjadi bertanya-tanya, berarti perhitungan masa subur atau kb kalender tidak bisa diterapkan.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Secara normal, pada saat  menstruasi maka tidak terjadi ovulasi (pengeluaran sel telur) sehingga melakukan hubungan seksual pada saat menstruasi memiliki kemungkinan kecil untuk menyebabkan kehamilan. Secara normal, pada hari ke-4 menstruasi juga belum terjadi ovulasi. Kami sertakan artikel Fisiologi Menstruasi untuk keterangan lengkap.

Sekali lagi perlu kami tekankan bahwa perhitungan masa subur sangat berkaitan dengan siklus menstruasi istri Anda. Jika siklus menstruasi istri Anda memang tidak teratur maka sulit untuk menentukan masa suburnya meskipun tidak mungkin. Memang perhitungan masa subur dan perhitungan kalender tidak dapat diandalkan secara akurat karena adanya variasi dalam siklus menstruasi selain itu juga menyangkut tingkat kepatuhan. Metode perhitungan masa subur dan sistem KB kalendar dapat digunakan pada pasangan yang tidak ingin atau tidak bisa menggunakan metode KB yang lainnya dan apabila kedua pasangan memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

TIm Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar