Sukses

tambalan amalgam bisa diganti sewarna gigi?

19 Oct 2014, 17:06 WIB
Wanita, 37 tahun.
siang dokter, saya mau bertanya apakah masih bisa diperbaiki keadaan gigi2x saya jika sudah terlanjur rusak. mis bagian geraham, bagaimana caranya agar terlihat putih dan bersih kembali karna geraham saya dahulu ditambal dengan amalgram yang sebenernya tidak enak dilihat. jika dibongkar kembali dan ditambal dengan bahan sewarna gigi, apakah tidak menyebabkan lubang semakin besar krn kan dibongkar. dan jika ada geraham yang sudah ompong apa solusinya yah...apa bisa dgn pemakaian behel. atau harus memakai gigi palsu? dan jika ada gigi seri yang sudah dicrown apa masih bisa memakai kawat gigi? terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri. yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Tambalan amalgam bisa saja dibongkar dan ditambal ulang dengan tambalan berbahan resin komposit (tambalan sinar) yang sewarna gigi, namun hal ini ada kelebihan tapi juga ada kekurangannya. Pertama, pada saat membongkar amalgam, dokter gigi harus menggunakan suction  (penghisap air liur) yang berfungsi baik untuk menghindari tertelannya serpihan tambalan yang bercampur dengan liur. Kedua, jika dibuat dengan baik, sebetulnya tambalan amalgam boleh dikata paling kuat dan paling tahan lama dibandingkan tambalan yang dibuat dari bahan tambal lain. Dan memang betul, biasanya saat penambalan ulang, lubang yang terbentuk menjadi sedikit lebih besar karena lubang harus dibentuk sedemikian rupa agar tambalan tidak mudah lepas. 
Mengenai geraham yang sudah tanggal, bergantung pada masing-masing kasus. Jika hanya satu gigi yang hilang, dan kondisi gigi geligi lain tidak ada masalah, maka bisa dibuatkan gigi tiruan cekat yaitu mahkota tiruan jembatan (crown and bridge), atau gigi tiruan lepasan yang dapat dilepas pasang oleh pasien. Atau bisa saja dipasangkan kawat gigi (behel) jika memang ada posisi gigi yang harus diperbaiki. Perawatan yang akan dilakukan sangat bergantung pada kondisi gigi Anda secara keseluruhan, oleh karena itu sebaiknya Anda segera berkonsultasi secara langsung oleh dokter gigi yang berkompeten. Apa yang saya kemukakan disini tidak dapat menggantikan pemeriksaan dokter gigi karena saya tidak melihat langsung kondisi gigi Anda secara klinis.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar