Sukses

Kulit Gatal Menahun

12 Nov 2014, 14:30 WIB
Pria, 28 tahun.

selamat sore dokter.saya mau tanya dok,suami saya pabila cuaca panas selalu timbul gatal gatal dan merah dok, itu timbul sejak sma hingga sekarang sudah pernah berobat dok, tapi tidak ada perubahan dan dokter juga tidak tahu penyebab nya apa. apakah itu disebabkan oleh virus dok?terima kasih dokter sebelumnya atas penjelasan nya.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan, di mana saja letak gatal-gatal di kulit suami Anda? Seberapa besar lesi gatalnya tersebut? Sayang sekali pada kelainan kulit, dokter dapat melakukan diagnosis dan memberikan terapi sesuai dengan pemeriksaan fisik secara langsung. Mengenai kondisi suami Anda, kami mengasumsikan beberapa kemungkinan penyakit kulit yang dialami oleh suami Anda, yaitu dermatitis alergi dan neurodermatitis.

Kemungkinan pertama adalah eksim atau dermatitis alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen terhadap kulit. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Gejala dermatitis alergi macam-macam, bisa berupa kemerahan, gatal, bentol, iritasi dan sebagainya.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Sudahkah Anda mengetahui faktor pencetus timbulnya kondisi ini? Apakah Anda sudah pernah melakukan tes alergi?

Kemungkinan kedua adalah neurodermatitis. Neurodermatitis merupakan suatu penyakit kulit yang terjadi karena suatu proses gatal-garuk. Penyebab primer dari penyakit ini masih belum diketahui, namun diperkirakan berhubungan dengan faktor psikologis seperti kecemasan atau stres.

Neurodermatitis atau yang juga tergolong sebagai penyakit Liken simpleks kronis (LSK) sendiri merupakan suatu gangguan gatal pada kulit yang bersifat kronik (lama dan berulang). Karena kondisi yang sering gatal dan kemudian digaruk, maka beberapa bagian kulit akan menebal. Kekhasan dari LSK adalah gatal tersebut pada umumnya terjadi di kala istirahat dan menghilang di kala beraktivitas. Penyebab pasti dari LSK belum diketahui hingga saat ini. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa LSK dapat berhubungan dengan penyakit kulit lain seperti eksim, psoriasis, atau kulit yang kering.  LSK terjadi pada daerah kepala, leher, lengan dalam, siku, alat kemaluan, bagian dalam paha, lutut, tumit, dan kaki. Riwayat keluarga yang memiliki eksim, psoriasis, dan neurodermatitis sendiri juga mungkin didapatkan pada pasien dengan LSK. Akan lebih baik apabila Anda melakukan tes alergi untuk melihat apakah Anda memiliki faktor alergi sebagai pencetus dari LSK.

Prinsip pengobatannya adalah mengurangi gatal, mengurangi luka akibat menggaruk, dan memberikan waktu bagi kulit Anda untuk menjadi pulih. Untuk menghentikan gatal yang berulang ini, Anda juga harus menghentikan menggaruk daerah yang gatal. Memang sangat berat, namun apabila semakin digaruk, akan menjadi luka dan semakin gatal. 

Untuk mengurangi gatal, Anda dapat menutupi daerah yang gatal dengan kain atau balutan agar Anda tdak menggaruknya di kala tidur, hindari kondisi yang memicu rasa gatal, minum cukup air mineral agar tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik, makan dengan nutrisi seimbang, mandi dengan air hangat lalu gunakan pelembab atau lotion pada kulit Anda, hindari stres atau rasa cemas dan mencoba untuk lebih tenang; dan pertimbangkan konseling apabila memang stres dan kecemasan yang mendasari gatal Anda.

Pengobatan LSK adalah krim yang mengandung kortikosteroid. Anda dapat mencoba obat yang dijual bebas yang mengandung krim hidrokortison. Namun apabila kulit Anda sudah menebal, kemungkinan Anda membutuhkan krim steroid yang lebih kuat. Selain itu, dokter Anda dapat meresepkan antihistamin untuk mengurangi keluhan gatal . Akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin apabila keluhan semakin memburuk. Kemungkinan Anda akan memerlukan tes alergi apabila ditemukan keluhan atau faktor lain yang mencetuskan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar