Sukses

Kapan Bisa Hamil Lagi Setelah Kuret?

20 Nov 2014, 17:34 WIB
Wanita, 35 tahun.

dear dokter, saya baru 10 hari keguguran, kuret(bayi tdk berkembang 12mgg), 7 hari setelahnya kontrol, di USG ada kista, masih kecil kata dokter, bisa mengecil sendiri, di beri vitamin dan antioksidan (Proxidan@400). tapi 3 hari setelah kontrol itu saya mengalamin gatal pada vagina saya, yang saya tanyakan bila saya mengalami keputihan, aman kah saya bila mengunakan betadine douche, mengingat sdh tdk ada darah yang keluar hanya cairan kuning (tdk berbau) yang kata dokter sisa2 darah nifas. berapa lama saya menunggu utk hamil lagi.banyak terimakasih atas jawabannya dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kuret bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Umumnya setelah satu minggu dari kuretase darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal.Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Untuk penggunaan obat luar seperti yang Anda sebutkan, kami tidak bisa memberi keterangan karena pengobatan harus disesuaikan dengan indikasi. Untuk itu diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Saran kami, konsultasikan hal tersebut kepada dokter spesialis kandungan yang menangani Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar