Sukses

Menyusui vs. Libido Menurun

19 Oct 2014, 10:34 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok saya mau tanya apa benar menyusui bisa mengurangi hasrat sex,karena semenjak istri saya menyusui seperti tidak berhasarat lagi sperti dulu.lalu bagaimana caranya supaya istri saya kembali bergairah sperti dulu,terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada wanita yang sedang menyusui  maka tubuh wanita akan mengalami peningkatan produksi hormon prolaktin agar proses perkembangan payudara dan proses menyusui dapat berlangsung dengan baik.

Hingga kini beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kadar prolaktin yang tinggi/meningkat di dalam tubuh dapat menurunkan dorongan seksual (libido).

Selain itu, pada wanita menyusui, juga terjadi perubahan hormon lainnya, berupa penurunan kadar estrogen yang menyebabkan dinding vagina akan menjadi tipis, kurang elastis, menjadi lebih kering dan rapuh. Hal ini juga dapat menyebabkan menurunnya hasrat seksual.

Selain itu juga, pengaruh emosional seperti perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri pada wanita, rasa lelah karena harus mengurus anak dan tuntutan tanggung jawab baru dalam mengasuh anak juga dapat mempengaruhi mood dan kondisi emosional wanita sehingga mempengaruhi hasrat seksual wanita menyusui.

Dalam menghadapi kondisi yang Anda alami saat ini, kami sarankan Anda bersabar karena kondisi ini hanyalah sementara. Berikan dukungan dan pengertian terhadap istri Anda dalam menghadapi prubahan-perubahan yang terjadi. Berikan dukungan dan manjakan istri Anda karena ia sedang mneyusui untuk kebaikan anak Anda. Dukungan dan pengertian Anda akan membuat istri Anda lebih rileks, mengurangi ketegangan dan tidak menjadi lebih frustasi dengan rendahnya hasrat seksual dalam dirinya. Bila keluhan vagina yang kering juga menjadi salah satu penyebab ketidaknyaman istri Anda dalam berhubungan seksual, Anda dan istri dapat mencoba untuk menggunakan pelumas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar