Sukses

Menstruasi diluar jadwal?

19 Oct 2014, 16:57 WIB
Wanita, 35 tahun.
pagi dokter, kemaren waktu buang air kecil pagi, saya menemukan ada darah spt darah mens ikut keluar juga. saya heran krn ini diluar jadwal menstruasi saya yg biasanya setiap tgl 2 tiap bulan. jadi seharusnya saya akan mens lagi tgl 2-3januari. keluarnya darah tadi juga tidak dsertai tanda2 pre menstruasi ( sakit perut, pinggang, pusing dll ) apakah hal ini normal dok? darah apakah itu krn agak mengental spt darah mens di hari kedua..oya, setelah seharian saya pakai pembalut ternya sampai sore ga ada keluar lagi, pembalutnya msh bersih. normalkah? krn saya khawatir ada sesuatu terjadi di dalam. terima kasih utk jawabannya salam
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

 

Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Darah seperti darah menstruasi yang keluar ketika buang air kecil perlu dibedakan terlebih dahulu asalnya. Apakah benar dari saluran vagina ataupun dari saluran kemih yang berasal dari sumber yang sama dengan air seni. Apakah setelah kejadian tersebut terdapat darah di pembalut ataupun celana dalam Anda? Ataukah hanya keluar melalui air seni?

Jika memang darah tersebut terdapat pada pembalut atau celana dalam setelah kejadian tersebut, besar kemungkinan darah tersebut adalah darah menstruasi. Sebenarnya siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Siklus menstruasi dapat dihitung dari jarak hari pertama menstruasi bulan ini hingga hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Sehingga menstruasi tidak selamanya jatuh pada tanggal yang sama setiap bulannya. Bisa saja pada tanggal yang berbeda, karena yang dihitung adalah jarak jumlah hari. Bagaimana dengan siklus Anda? Jika setelah Anda hitung, ternyata jarak hari masih tergolong dalam siklus menstruasi normal, maka darah yang keluar tersebut adalah darah mens.

Namun jika tidak termasuk dalam sikus menstruasi normal, maka erdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Sedangkan jika darah hanya keluar melalui air seni, maka pertimbangkan kemungkinan adanya infeksi pada saluran kemih. Untuk mengatasi hal tersebut periksakanlah dengan dokter Anda untuk pengobatan yang sesuai.


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar