Sukses

Keputihan saat Hamil

12 Nov 2014, 14:41 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat pagi, Saat ini saya sedang hamil 6 bulan. Awalnya saya hamil kembar, namun di usia 5 bulan diketahui 1 bayi sudah meninggal dan 1 bayi lagi sampai saat ini sehat. Sekarang ini saya sedang ditangani oleh Dokter yang terkenal ahli di permasalahan seperti ini. Saya minggu lalu terkena infeksi keputihan. Kemudian saya diberikan obat Diflucan 1 kapsul, Vagistin (yg dimasukkan ke vagina), dan antibiotik clindamycin yg dikonsumsi sehari 3 kali. Sekarang keputihan saya berangsur membaik. Kemudian dokter memberi saya antibiotik Cefspan 200mg dan penambah darah Hemobion. Apakah obat2 tersebut tergolong masih aman untuk ibu hamil? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur/antibiotik/antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya.

Keputihan yang berlangsung terus menerus tanpa pengobatan yang tepat selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai komplikasi selama kehamilan, seperti ketuban pecah dini, bayi lahir prematur, infeksi cairan amnion dan lain sebagainya. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya.

Mengenai obat yang Anda tanyakan yaitu diflucan, vagistin, Cefspan dan hemobion, kami akan mencoba sedikit menjelaskan obat-obat tersebut. Diflucan(fluconazole) adalah obat antifungal atau anti jamur pada beberapa daerah tubuh seperti mulut, kerongkongan, esophagus, paru, are genital, kandung kemih dan juga darah. Berdasarkan rujukan Food and Drug Administration(FDA), penggunaan diflucan dalam kehamilan tidak boleh lebih dari 1 dosis, jadi dosis yang Anda dapatkan sesuai dengan dosis rujukan yang direkomendasikan. Vagistin merupakan obat yang berisi metronidazole dan juga nistatin yang penggunaannya diindikasikan pada keadaan vaginitis (infeksi pada vagina) dengan infeksi campuran trikomonas atau candida yang cukup aman digunakan saat hamil. Obat antibiotik yang anda dapat termasuk kategori B yang cukup aman bila dikonsumsi oleh wanita hamil. Obat tersebut berisi cefixime yaitu antibiotic goongan sefalosporin generasi 3 yang bekerja menghambat Penicillin Binding Protein bakteri lalu menghambat sintesis dinding sel bakteri sehigga bersifat bakterisidal. Sedangkan tablet penambah darah merupakan vitamin tambahan yang kerap diberikan pada masa kehamilan yang berfungsi sebagai penambah darah untuk mencegah timbulnya anemia dan dapat juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Jadi,menurut kami obat-obatan yang Anda dapat tergolong masih cukup aman untuk ibu hamil jika penggunaannya sesuai petunjuk dokter dengan dosis, indikasi dan penggunaan yang tepat.

Kami sertakan artikel-artikel berikut untuk menambah informasi Anda :

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar