Sukses

gigi ngilu saat minum dingin

18 Oct 2014, 11:05 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok kenapa ya setiap saya minum minuman yang dingin gigi saya ngilu sekali?ad yang menyarankan sikat gigi menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif,tp setelah saya coba gigi saya samakin ngilu dok. kemudian gigi geraham saya pada bagian dindingnya ngilu apabila sikat gigi dok. kira2 gigi saya kenapa ya dok? terima kasih sebelumnya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri. yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Ada beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab timbulnya rasa ngilu yang cukup tajam saat minum minuman dingin.

Pertama, Anda mengalami hipersensitivitas dentin atau yang sering disebut dengan gigi sensitif. Gejalanya mirip dengan gigi berlubang (karies), yaitu gigi terasa ngilu tajam saat kontak dengan makanan/minuman dingin/asam, atau terkena tiupan angin. Bahkan pada saat kumur-kumur atau terkena sikat gigi pun bisa juga terasa ngilu. Penyebab yang paling umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya, permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras.

Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera. Apa yang saya paparkan disini tidak dapat menggantikan pemeriksaan langsung, dan hanya berdasarkan dugaan berdasarkan keterangan yang Anda berikan. Perawatan yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah Anda baru dapat ditentukan setelah diperiksa secara langsung, sesuai dengan penyebab dan diagnosa.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang kurang jelas dan masih ingin ditanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi Kami.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar