Sukses

Keputihan Pada Kehamilan

11 Nov 2014, 10:24 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, saya sedang hamil 24 minggu, sudah hampir 2 minggu ini saya mengalami flek berwarna kuning kehijauan, terkadang menggumpal dan berbau agak masam (bukan amis), terasa selalu lembab, sesekali terasa gatal tapi tidak terasa panas. apakah flek yang saya alami berbahaya? obat pembersih kemaluan apa yang aman digunakan saat hamil? jika flek tersebut merupakan jamur atau bakteri, obat apa yang bisa saya gunakan? Terima kasih banyak sebelumnya.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Flek yang keluar tersebut kami menyebutnya sebagai keputiham. Keputihan atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis/normal dan secara patologis. Yang dimaksud dengan keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat sinfeksi parasit/jamur/bakteri.

Keluarnya cairan dari vagina merupakan hal yang wajar ditemukan saat hamil. Selama kehamilan terjadi peningkatan produksi dan volume cairan vagina akibat perubahan siklus hormonal di dalam tubuh ibu hamil. Selama cairan vagina tersebut tampak bening (tidak berwarna), tidak berbau, tidak banyak, dan tidak menimbulkan keluhan seperti rasa gatal atau terbakar pada kemaluan, maka tidak perlu dikhawatirkan.

Namun keputihan yang normal dapat menjadi tidak normal apabila kebersihan daerah vagina tidak dijaga. Untuk itu beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Hindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat dan sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Jika ingin menggunakan panty liner, pilihlah panty liner yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Hindari penggunaan produk pembersih kemaluan karena dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila membilas setelah buang air kecil, lakukan dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk

Mengenai keluhan Anda mengenai keputihan yang berwarna kuning kehijauan, terkadang menggumpal, berbau asam, dan terasa gatal. Itu merupakan gejala keputihan yang tidak normal. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda. Dokter akan memberikan terapi sesuai dengan penyebab timbulnya keputihan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar