Sukses

Apakah Imunisasi Harus Lengkap?

11 Nov 2014, 13:39 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dok, anak saya cowok usia 6.5bln. pada usia 2, 5, dan 6 bln dilakukan imunisasi Hib(1 s/d 3) dan kata dokternya ada imunisasi Hib lg pd usia 1.5thn. Dan disarankan pula melakukan imunisasi MMR (saya lupa dilakukan pd usia berapa). Yg mau saya tanyakan bila imunisasi Hib pd 1.5thn tsb tidak dilakukan berdampak apa pd anak saya? Demikian jg bila tidak melakukan imunisasi MMR? Minimal imunisasi apa saja yg harus diberikan pada anak saya mengingat sudah dilakukannya imunisasi Hib sampe yg ke-3? Lalu bagaimana bila sudah terlanjur diberikan Hib, apa bisa dihentikan kemudian dilanjutkan dgn pemberian imunisasi yg diwajibkan oleh pemerintah saja? Terimaksih atas perhatian dan jawabannya..

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk diketahui, bayi selama sembilan bulan wajib mendapat imunisasi dasar. Setelah lahir bayi harus segera mendapatkan imunisasi hepatitis B. Bulan kedua diberikan imunisasi BCG dan Polio. Selanjutnya, setiap bulannya hingga bulan keempat, bayi mendapatkan imunisasi DPT-Hepatitis dan Polio. Terakhir, bayi harus mendapatkan imunisasi campak ketika telah berumur sembilan bulan.

Mengenai kondisi anak Anda yang telah mendapat imuninasi Hib hingga yang ke-3 tidak ada masalah sama sekali. Alangkah baiknya imunisasi Hib tersebut dilengkapi dengan Hib yang ke-4 pada usia 15-18 bulan. Apabila anak Anda tidak melakukan imunisasi MMR, tentu saja anak Anda akan memiliki kekebalan yang kurang optimal meskipun sebelumnya telah mendapatkan imunisasi untuk mencegah berbagai penyakit. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak untuk mengetahui kondisi terbaik bagi anak Anda.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar