Sukses

Demam Dengue

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Pria, 17 tahun.
Demam dengue Saya lanjutkan balasan klikdokter Kmarin saat saya periksa dokter rz blang kalo dmam brdarah belum smpe,karena leukositnya msh n0rmal d0k. . .kmudian mksud dmam dengue itu apa?karena tdk ada bintik2 merah dr dan pndarahan kulit. .dan saya ingin dikasih tau tipz2 dan saran buat saya masalah makanan atau pola hdup agar cpet smbuh dari dmam dengue. Trimakasih dr.
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Demam Dengue ditandai dengan timbulnya gejala prodromal yang tidak khas seperti nyeri kepala, nyeri tulang belakang, dan perasaan lelah. Tanda khas dari DD ialah peningkatan suhu mendadak (suhu pada umumnya antara 39-400C, bersifat bifasik, menetap antara 5-7 hari), kadang disertai menggigil, nyeri kepala, muka kemerahan. Dalam 24 jam terasa nyeri retroorbita (belakang mata) terutama pada pergerakan mata atau bila bola mata ditekan, fotofobia, dan nyeri otot serta sendi. Pada awal fase demam terdapat ruam yang tampak di muka, leher, dada. Akhir fase demam (hari ke-3 atau ke-4) ruam berbentuk makulopapular atau skarlatina (bercak-bercak atau berbintik-bintik). Pada fase konvalesens suhu turun dan timbul petekie yang menyeluruh pada kaki dan tangan. Perdarahan kulit terbanyak adalah uji turniket (pemeriksaan oleh dokter dengan biasanya menggunakan alat untuk mengukur tekanan darah) positif dengan atau tanpa petekie (bercak-bercak perdarahan).

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, yang perlu diperhatikan dalam mengatasi DD adalah asupan cairan yang harus cukup, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup (tirah baring). Penanganan DD yang perlu diperhatikan adalah asupan cairan yang cukup dari berbagai sumber seperti cairan, jus buah, sup, dan makanan minuman lainnya yang banyak mengandung cairan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar