Sukses

Trombosit dan Zat Besi

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Pria, 17 tahun.
Dok,saya mau tanya Saya mrazakan panaz sdah 5hari,hari ke 4 saya agak turun panasnya,tapi malam ke 5 naik drastis diiringi nyeri kpla hbat,nyeri tulang dan otot,sesak nafas,batuk kering tanpa dahak dmulai hr ke 3 Kmudian saya priksa dan cek darah,tr0mb0sit 143,leuk0sitnya kata d0kter bagus,dan zat bsi saya kurang,jadi saya tdk kna DB,tapi saya takut sekali dok,saya ingin gak ngrokok lagi dan ingin pola makan sehat,ini saya dibelikan ibuk jus jambu merah dan pocari sweat. .apakah itu membantu tr0mb0sit d0k? .kmudian mkanan dan minuman apa saja yg mmbantu menaikkan trombosit dan zat besi? Terimakash dokter atas jawabanya. . .
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan informasi yang Anda sampaikan, kami menduga Anda mengalami Demam Dengue (DD). Apakah Anda mengalami perdarahan pada kulit, gusi? Jika mengalami perdarahan (bintik-bintik) pada kulit maka Anda mungkin mengalami Demam Berdarah Dengue (DBD).

Yang perlu diperhatikan pada DD maupun DBD adalah asupan cairan. Selama asupan cairan cukup maka secara alami trombosit akan meningkat dengan sendirinya.

Jambu biji disarankan untuk diberikan dikarenakan jambu tersebut mengandung banyak cairan, jadi bukan karena jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit. Pocari sweat tidak dianjurkan karena pocari sweat terlalu asam bagi lambung dikarenakan larutannya yang terlalu pekat akan jumlah elektrolit.

Sumber Zat Besi

Sumber terbaik zat besi bisa didapat dari hati, tiram, kerang, buah pinggang, daging tanpa lemak, unggas dan ikan. Kacang dan sayur yang dikeringkan juga merupakan sumber zat besi yang baik dari protein nabati.

Zat besi banyak ditemukan dalam daging merah, telur, dan unggas, sereal, beberapa sayuran hijau seperti bayam dikenal sebagai sayuran yang dapat memperkuat tulang dan otot.

Cara yang paling efektif meningkatkan penyerapan zat besi adalah mengonsumsi protein yang berasal dari hewan dan makanan yang mengandung vitamin C dalam makanan yang sama, misalnya daging panggang dengan salad bayam, kombinasi anggur dengan sereal gandum, serta stroberi dengan sereal gandum.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar