Sukses

Kutil Kelamin

20 Oct 2014, 06:35 WIB
Pria, 26 tahun.
dok, saya ada kutil di kelamin, tetapi tanpa sengaja, saya cabut mengunakan kuku, sekarang hanya tinggal bekas lukanya saja, tetapi setiap kali sudah sembuh bekas lukanya bisa kambuh lagi / lecet , kenapa begini yah dok ? adakah obat untuk menyembuhkan luka kutil ini ? terima kasih
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagaian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Belum ada penelitian yang menunjukkan tingkat keefektifan terapi kutil kelamin dalam mencegah penularan virus HPV. Namun, jika tumbuhnya kutil tersebut telah mengganggu Anda maka kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada kutil, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar