Sukses

benjolan dipayudara

18 Oct 2014, 07:15 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok saya mau nanya,adakah efek obat pelangsing pada payudara,saya sudah mengkonsumsi obat pelangsing 1 thn.3bln ini ada benjolan di payudara sebesar guli,kenyal,mudah digerakkan,dan payudara saya jg sering gatal. Tolong penjelasannya ya Dok,thanks.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Apa kabar,

Terima kasih atas pertanyaannya. Pertanyaan Anda adakah efek obat pelangsing dapat menimbulkan benjolan di payudara . Menurut pendapat Kami obat pelangsing tidak menimbulkan benjolan dipayudara , biasanya efek obat pelangsing dapat menimbulkan gangguan pembuluh darah seperti dada berdebar-debar , gangguan pencernaan , gangguan tidur . Sedangkan mengenai benjolan yang timbul dipayudara Anda kemungkinan disebabkan oleh karena faktor hormonal .Ini Kami ulas sedikit mengenai benjolan dipayudara . Benjolan dipayudara dapat berupa kista FAM (fibroadenoma mamae) atau kelainan yang lain seperti kanker .

Kista
Kista adalah benjolan di payudara yang muncul di akhir siklus haid dan umumnya tidak berbahaya. Setelah masa haid, jenis benjolan ini biasanya menghilang. Kista payudara adalah kantong berisi cairan yang cenderung membesar di akhir siklus haid ketika tubuh menahan lebih banyak cairan.

Ukuran kista ada yang kecil dan ada yang besar sampai sebesar telur. Kalau dipijat, kista bisa sedikit berubah bentuk dan sebagian besar bisa bergerak di bawah kulit. Kista juga bisa muncul pada usia 40 tahunan, beberapa tahun sebelum memasuki masa menopause.

Fibroadenoma
Fibroadenoma adalah gumpalan payudara yang bukan kista maupun kanker. Tumor jinak ini paling sering berkembang pada tahun-tahun pertengahan usia produktif (masih bisa melahirkan). Fibroadenoma terasa seperti massa yang padat, licin, kuat, dan elastis, dengan bentuk yang jelas. Fibroadenoma berkembang ketika jaringan ikat bertumbuh di dalam kelenjar atau lobule payudara.

Benjolan lainnya
Jenis lain dari benjolan payudara termasuk yang disebabkan infeksi atau perdarahan akibat cedera. Benjolan yang disebabkan tumor atau jaringan berlemak disebut lipoma. Benjolan di payudara juga bisa disebabkan adanya papiloma intraduktal, terutama jika ini menyumbat saluran sehingga menimbulkan kista. Semua kondisi ini tidak bersifat kanker.

Untuk memastikan apakah benjolan pada payudara berbahaya atau tidak, dokter akan memeriksa menggunakan ultrasonografi dan mamografi. Pada benjolan tunggal yang terasa seperti kista, dokter mungkin akan menyedot cairan dari dalamnya dengan menggunakan jarum halus. Jika cairannya bisa disedot dan benjolannya kemudian menghilang, ini mengindikasikan benjolan itu adalah sebuah kista.

Demikian jawaban yang dapat Kmai sampaikan , Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan Dokter Bedah Onkologi untuk dapat dievaluasi . Saran Kami , teruslah periksa payudara sendiri secara teratur . Ind

Salam ,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar