Sukses

Kanker Kelenjar Getah Bening

10 Nov 2014, 21:07 WIB
Wanita, 20 tahun.

slamat siank dokter, saya mau tanya,tante saya it skit kanker kelenjar getah bening,stelah dioprasi beberapa waktu yg lalu,,,kaondisix kok tambah mnurun,,bliau sring pucat,sring pusing,BB mnurun dan badanx terasa berat skali.. dokter tindakan apa yg harus dlakukn?dan apa penyebabx ya dokter serta solusix bagaiman?trimaksih dokter

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan atas sakit dari keluarga Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan mengenai kelenjar getah bening dan penyakitnya. Sebenarnya Apa Itu Kelenjar Getah Bening? Pada tubuh kita tersebar sedikitnya 600 kelenjar getah bening di daerah-daerah tertentu Fungsinya adalah membantu sistem pertahanan tubuh dalam meproduksi leukosit, yang menjadi faktor penentu mekanisme daya tahan tubuh. Ketika kelenjar getah bening mengalami gangguan, maka mekanisme daya tahan tubuh akan turut terganggu pula fungsinya.

Kelenjar getah bening adanya di area bawah rahang (sub-mandibular), ketika, lipat paha, selangkangan, belakang telinga dan daerah lainnya.

Apa Pula Itu Kanker Kelenjar Getah Bening? Ketika kelenjar getah bening mengalami kanker, maka yang terjadi adalah sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

Pada beberapa kondisi, karena pertumbuhan sel yang abnormal yang ada tersebut menjadikan muncul benjolan di beberapa titik tubuh yang terdapat posisi kelenjar getah bening. Akibatnya, mekanisme daya tahan tubuh menjadi terganggu. 

Apa gejalanya? Kondisi yang muncul akibat gangguan kelenjar getah bening adalah lemas dan lemah tubuh, diikuti munculnya benjolan di daerah tertentu yang terdapat kelenjar getah bening tersebut. Pada beberapa kondisi diikuti juga oleh demam.

Banyak faktor yang mencetus kondisi kanker kelenjar getah bening. Diantaranya adalah:

  • Gaya Hidup. Ketika bicara faktor gaya hidup, banyak hal yang dimaksud. Diantaranya adalah kurang seimbangnya waktu aktivitas dengan kebutuhan istirahat. Gaya hidup merokok juga menjadi pencetus, pasalnya banyak zat karsinogenik yang berpotensi mencetus kanker dari rokok.
  • Pola Makan. Pola makan yang berbahaya adalah pola makan yang sering mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki zat karsinogenik yang memicu radikal bebas. Zat semacam ini banyak didapat dari makanan yang diproses bakar hingga hangus kehitaman.
  • Faktor Genetika. Meskipun perlu dikonfirmasi lebih lanjut, faktor keturunan juga berpotensi berperan. Pasalnya hampir semua kanker berpotensi untuk diturunkan ke generasi berikutnya. Terutama jika memiliki gaya hidup yang kurang mendukung pencegahan kanker.
  • Infeksi Virus

Beberapa kondisi infeksi virus yang dapat mencetus adalah:

  • Virus Cytomegalovirus (CMV)
  • Virus Eppstein-Barr Virus (EBV)

Bagaimana Mencegahnya? Selain menghindari faktor pencetus yang ada, pada prinsipnya kanker dapat dihindari dengan adalah mendeteksi dini. Karena semakin dini kanker ditemukan, akan semakin mudah penanganan yang ada.

Untuk kondisi keluarga Anda tersebut, kami menyarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis bedah onkologi untuk mengetahui tindakan selanjutnya yang sebaiknya dilakukan. Berikut kami sertakan artikel untuk menambah pengetahuan dan informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar