Sukses

Hubungan Intim Saat Hamil Tua

09 Nov 2014, 14:13 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok, istri saya sekarang hamil 7 bln, saya pernah dengar katanya kalau menjelang kehamilan itu disarankan sering melakukan hubungan badan agar bisa membantu proses pembukaan. apakah benar itu dok? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Hubungan intim menjelang persalinan agar terjadi kelahiran normal tidak berkaitan secara langsung. Saat berhubungan intim, prostaglandin yang dikeluarkan sperma dapat mengakibatkan kontraksi guna membantu penekanan sehingga kepala bayi dapat masuk ke bagian bawah panggul. bila terjadi kontraksi, leher rahim akan menjadi lunak, hal ini memang diharapkan pada saat sudah mencapai waktu persalinan yang normal.  Namun hubungan intim pada usia kehamilan tua tetap harus hati-hati.

Waktu yang tepat untuk berhubungan intim sewaktu hamil yaitu setelah trimester pertama hingga usia 7 bulan. Pada trimester pertama kehamilan, sebaiknya Anda menunda hubungan intim terlebih dahulu. Pasalnya, hubungan intim di awal kehamilan mudah terjadi kontraksi, sedangkan janin belum menempel sempurna pada dinding rahim, sehingga dapat mengakibatkan keguguran bila tejadi kontraksi hebat. Sedangkan pada usia kehamilan diatas 7 bulan, frekuensi hubungan intim sebaiknya dikurangi sampai janin berusia 9 bulan karena sangat membahayakan janin. Pasalnya kontraksi bisa mengakibatkan pecah ketuban dini dan bayi dapat terinfeksi. Sementara bila bayi harus dilahirkan, paru-parunya belum matang. Pada kehamilan berusia 9 bulan, bayi sudah siap untuk dilahirkan bila terjadi kontraksi sehingga air ketuban pecah. Pada saat ini paru-paru bayi sudah matang dan mampu bernafas diluar tubuh ibunya.

Lakukanlah pemeriksaan kehamilan secara teratur, dan segeralah ke dokter bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar