Sukses

hepatitis B

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 28 tahun.
selamat sore Dok, mau nanya nih mengenai hepatitis B. saya dari tahun 1999 di diagnosa mengidap penyakit hepatitis B dan sampai sekarang belum sembuh karena setiap check ke lab mengenai hasil HBsAg nya positif terus. tapi dari mulai di diagnosa sampai sekarang belum saya belum pernah merasakan adanya kelainan dalam hati saya baik berupa sakit ataupun keluhan-keluhan lainnya yang mengarah ke hepatatis B. saya terus terang jadi bingung, ada apa dengan hati saya atau tubuh saya ini. terus kira2 untuk HBsAg saya jadi negatif caranya bagaimana dan harus berobat kemana bagusnya Dok. sekian pertanyaan dan keluh kesah saya Dok, terima kasih banyak atas perhatiannya sebelumnya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Apa kabar ,

Terima kasih atas pertanyaannya. Pertanyaan Anda tentang HBsAg positif . Menurut pendapat Kami apabila HBsAg Anda positif berarti Anda menderita Hepatitis B . Yang perlu dicheck adalah apakah hepatitis B yang Anda derita masih menularkan ke orang lain atau tidak . Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu melakukan pemeriksaan HBeAg dan Anti HBe . Apabila hasil yang didapat seperti ini :

  • HBe Ag reactive/ positif dan Anti HBe non reactive/negatif artinya Hepatitis B masih infeksius
  • HBe Ag non reactive/negatif dan anti HBe reactive/positif artinya Menderita Hepatitis B tapi sudah tidak menular lagi , disebut dengan Hepatitis B carrier .

Apabila Anda menderita Hepatitis B infeksius maka pemeriksaan lanjutnya adalah HBV DNA  untuk mengetahui aktifitas virus tersebut . Apabila hasilnya meningkat artinya virus tersebut sedang aktif berkembang biak. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah fungsi liver dengan memonitoring SGOT dan SGPT . BIla diperlukan juga dapat dilakukan USG hati . Untuk mengevaluasi HBsAg Anda yang positif , sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Internist bagian Hepatologi . Jangan menunggu sampai ada keluhan untuk berobat ke Dokter . Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan . (ind)

Salam ,

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar