Sukses

Konstipasi saat hamil

19 Oct 2014, 07:27 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok, sy ingin menanyakan bbrp hal : 1. kalau hamil biasanya kan susah BAB dan sy merasakan hal itu, bagaimana ya supaya lancar? apa dipngaruhi pola makananan (hrs makan buah/sayur bnyk)? 2. sy jg ingin menanyakan apa akan ada efek ke janin kalau sy suka memakai minyak kayu putih ke perut (saat ini belum prnah sy lakukan tp trkadang ingin melakukan takut pngaruh)? 3. apa memang perut bag.bawah/rahim terasa keras saat hamil? malah sptnya saat berbaring terlentang, perut terasa ada benjolan kecil, saat ini kandungan sy baru 7 minggu. Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab satu per satu pertanyaan yang Anda ajukan.

1. kalau hamil biasanya kan susah BAB dan sy merasakan hal itu, bagaimana ya supaya lancar? apa dipngaruhi pola makananan (hrs makan buah/sayur bnyk)?

Konstipasi atau sulit BAB merupakan salah satu keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil dikarenakan adanya perubahan kadar hormonal di dalam tubuh. Untuk mengurangi keluhan tersebut, disarankan untuk mengonsumsi serat (buah, sayur) dalam jumlah cukup dan meningkatkan asupan cairan  minimal 8-10 gelas air putih/hari. Asupan susu atau makanan yang mengandung kalsium sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan karena kelebihan kalsium dapat menyebabkan sulit BAB.

2. sy jg ingin menanyakan apa akan ada efek ke janin kalau sy suka memakai minyak kayu putih ke perut (saat ini belum prnah sy lakukan tp trkadang ingin melakukan takut pngaruh)?

Pemakaian minyak kayu putih di kala hamil tidak ada masalah selama pemakaian tersebut hanyalah superfisial di kulit dan tidak berlebihan

3. apa memang perut bag.bawah/rahim terasa keras saat hamil? malah sptnya saat berbaring terlentang, perut terasa ada benjolan kecil, saat ini kandungan sy baru 7 minggu.

Perut bagian bawah terkadang memang terasa keras saat hamil dikarenakan kemungkinan rahim sedang berkontraksi. Kandungan 7 minggu baru sebesar telur ayam, umumnya belum terlalu teraba.

Anda dapat memperoleh informasi mengenai kehamilan dari minggu 1-40 melalui fitur kalender kehamilan di website kami.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar