Sukses

Jengkol pada kehamilan

20 Oct 2014, 10:54 WIB
Wanita, 32 tahun.
selamat siang klilk dokter usia kehamilan saya per tanggal 1 desember 2010 kmarin 8 minggu.Hari minggu lalu saya makan semur jengkol 3 potong,malam sampai pagi nya saya pusing, keliengan, sempoyongan seperti org mabuk. yang ingin saya tanyakan, apakah berbahaya bagi janin saya dok?krn saya fikir, saya saja bisa seperti org mabuk apalagi janin yg sedang saya kandung, saya khawatir dan takut dok,karena ini kehamilan pertama saya.Dan saya blm periksa ke dokter kandungan saya,krn jadwal saya periksa pertengahan desember ini. tolong segera di jawab ya dok?apakah konsumsi jengkol itu bisa menyebabkan kematian / kelainan pada janin? terimakasih
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Konsumsi jengkol dapat menyebabkan intoksikasi /keracunan. Bahan dalam jengkol yang menyebabkan keracunan adalah asam jengkolat. Keracunan jengkol atau jengkolan ternyata tidak tergantung dari jumlah jengkol atau cara memasak(matang/mentah), namun sangat tergantung dengan kerentanan tiap individu. Sehingga belum ada yang dapat memastikan jumlah minimal yang dapat dikonsumsi oleh seseorang sehingga terhindar dari intoksikasi jengkol. Gejala yang mungkin dirasa jika terjadi intoksikasi adalah rasa nyeri ketika berkemih, batu ginjal, dan bahkan gagal ginjal pada keadaan lebih lanjut.

Sedangkan mengenai keluhan kliyengan seperti orang mabuk dapat disebabkan karena penyebab lain misalnya dari anemia atau kurang sel darah merah akibat kurangnya konsumsi zat besi atau kurangya kadar gula darah. Untuk memastikan kondisi Anda dan bayi, jika keluhan tersebut menetap, maka segera lakukan pemeriksaan pada dokter Anda.


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar