Sukses

Perdarahan Berulang pada Kehamilan Lanjut

12 Nov 2014, 00:55 WIB
Wanita, 27 tahun.

usia kandungan saya masuk 8 bulan, tapi saya mengalami pnedarahan yang kedua kali ini sehingga dokter menganjurkan untuk opname dan menunggu 10 hari sampai BB bayi mencapai 2kg(skg 1,7). sedangkan kalau bergerak sedikit saja darah gumpalan akan keluar. apa jalan terbaik bagi saya dokter. opersai segera atau menunggu bayi hingga BB nya 2 kg. dan apakah ini adalah dua pilihan antara saya dan bayi saya..? terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perdarahan dalam kehamilan memang acapkali terjadi dan menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya gangguan ataupun adanya bahaya yang mengancam jiwa ibu ataupun bayi dalam kandungan.  Perdarahan pada kehamilan yang terjadi pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu disebut abortus atau keguguran, sedangkan perdarahan yang terjadi pada usia kehamilan yang lebih besar sebelum tibanya waktu melahirkan biasanya merupakan manifestasi dari suatu keadaan yang serius seperti plasenta previa dan solusio plasenta. 

Plasenta Previa adalah suatu kondisi dalam kehamilan dimana plasenta  berada pada lokasi yang tidak seharusnya yaitu di segmen rahim bagian bawah atau dekat dengan jalan lahir meskipun perkembangan janin sudah memasuki triwulan ketiga. Ibu yang memiliki plasenta previa memang harus ditangani secara ekstra hati-hati. Salah satu  komplikasi tersering yang dapat terjadi pada keadaan ini adalah bayi lahir prematur serta perdarahan hebat pada ibu. Pada plasenta previa terjadi perdarahan dengan ciri-ciri jumlah darah yang cukup banyak, darah berwarna merah segar, perdarahan biasanya berulang dan terjadi pada saat istirahat serta tidak disertai nyeri.

Solusio plasenta adalah kondisi medis yang ditandai dengan terlepasnya plasenta dari dinding rahim (kandungan) bagian dalam sebelum persalinan, baik seluruhnya maupun sebagian. Gejalanya antara lain nyeri perut, nyeri punggung, kontraksi rahim yang sering dan perdarahan vagina berwarna merah gelap. Pada sebagian besar kasus, penyebab pasti dari solusio plasenta belum diketahui. Namun, faktor-faktor, seperti merokok, konsumsi alkohol, kokain, trauma pada perut, hipertensi dan riwayat persalinan yang banyak dapat menyebabkan solusio plasenta. Jumlah darah yang keluar dari jalan lahir tidak berbanding lurus dengan keadaan umum penderita.

Pada kehamilan Anda, perdarahan sudah terjadi berulang dan kami menduga merupakan suatu Plasenta previa. Karena kehamilan Anda masih berusia 8 bulan dengan taksiran berat badan janin kurang dari 2 kilogram maka kami menyarankan Anda untuk bedrest total dan dirawat di rumah sakit guna evaluasi dan observasi kondisi ibu dan janin hingga dipastikan ibu dan janin dalam kondisi stabil atau hingga saatnya melahirkan tiba. Kami tidak dapat menentukan apakah kondisi yang saat ini Anda alami merupakan dua pilihan antara Anda atau anak Anda, karena kami tidak dapat menentukan diagnosis pasti dan kondisi pasti Anda saat ini tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya bila Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang merawat Anda untuk membantu mencari jalan keluar terbaik yang paling sesuai dengan kondisi yang sedang Anda hadapi saat ini.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar