Sukses

Obat yang Aman untuk Ibu Hamil

16 Nov 2014, 14:52 WIB
Wanita, 28 tahun.

Obat yang berisi kandungan apa sajakah yang tidak boleh di konsumsi ibu hamil?apakah obat yang mengandung defenhidramin HCL, guaifenesin, natrium sitrat dan pseudoefedrin HCL boleh saya konsumsi, mengingat saya sedang hamil 24 minggu?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan. Beberapa obat alergi yang menurut penelitian terbukti aman pada wanita hamil adalah chlorpheniramine (CTM), loratadine, doxylamine, brompheniramine, phenindamine, pheniramine, triprolidine, dan diphenhydramine, tetapi obat2 ini bisa membuat ngantuk terutama doxylamine and diphenhydramine.

Ekspektoran (pengencer dahak) seperti guaifenesin (GG) dan natrium sitrat cukup aman untuk dikonsumsi. Penekan batuk seperti dextromethorphan (DMP) aman digunakan, karena sudah ada penelitian pada wanita hamil tdak menyebabkan cacat bawaan. Obat panas yaitu parasetamol sangat aman digunakan pada wanita hamil. Apabila keluhan semakin mengganggu kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter.

Sedangkan penggunaan pseudoefedrin HCL sebaiknya dihindari. Hal ini karena efek samping Pseudonoefedrin pernah diteliti didapatkan peningkatan angka kejadian gastroschisis pada bayi yang dilahirkan dari ibu yang mengkonsumsi Pseudoephedrine di trimester pertama. Gastroschisis adalah kelainan kongenital dimana bayi lahir tanpa kantong perut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar