Sukses

Sakit kepala, tanda kanker?

18 Oct 2014, 04:50 WIB
Wanita, 56 tahun.
dok,ibu saya berusia 55 tahun. Beliau mempunyai penyakit kolesterol. Sudah 3 bulan terkhir ini beliau mengeluh sakit pada kepala bagian belakang,tetapi sakitnya ini tidak terus menerus, hanya saat tertentu saja. KAta beliau sakitnya itu tidak seperti sakit kepala pada umumnya, sakitnya seperti digigit semut tetapi hanya sekali-sekali. Kemarin ini telah konsul ke dokter saraf, katanya mgkin ada pembuluh darah yang tersumbat. teteapi sekarang, sakit kepalanya tersebut tidak hilnag. Saya ingin tanya:1. apakah mgkin itu semacam kanker ? 2. apakah ada hubungan sakit kepala dengan kolesterol ? 3. apa hubungan dengan mata ? sebab ibu saya bermata selindris yang jarang memakai kacamata. terima kasih....
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Sauda/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sakit kepala memang suatu keluhan umum yang sering dirasakan oleh setiap orang dan menjadi suatu pertanda adanya masalah dalam kepala atau aliran pembuluh darah bagian kepala. Sulit untuk memastikan penyebab pasti dari sakit kepala tanpa pemeriksaan fisik ataupun penunjang yang memadai.

Mulanya seseorang dengan keluhan sakit kepala harus dianalisa terlebih dahulu mengenai sifat dari sakit kepala nya. Setelah itu dilakukan pemeriksaan tanda vital seperti tekanan darah, frekuensi nadi dalam semenit, suhu dan frekuensi pernapasan. Jika didapatkan suatu kelainan dalam tanda vital, misalnya saja tekanan darah yang cenderung tinggi, maka tekanan darah tinggi tersebut dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala dan harus ditangani segera. Pada mereka yang sering mengalami sakit kepala, perlu dilakukan pemeriksaan darah yang mencakup kolesterol darah  ataupun pemeriksaan CT scan kepala.

Baiklah, kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Kanker atau tumor ganas adalah suatu benjolan ganas yang diketahui dengan pemeriksaan CT scan kepala dengan menganalisa bentuk dan lokasinya.  Saat ini selama belum ada pemeriksaan CT scan kepala, belum dapat dikatakan terdapat tumor atau kanker.

Untuk menjawab pertanyaan ke- 2, kami jelaskan terlebih dahulu mengenai kolesterol. Kolesterol adalah lemak darah yang bersirkulasi dalam pembuluh darah. Jika kada kolesterol darah cenderung tinggi, maka kolesterol dapat dengan mudah menempel pada dinding dalam pembuluh darah dan menumpuk. Anda dapat membayangkan sebuah pipa dengan lumut yang menempel dan menumpuk di dalamnya. Aliran air di dalam pipa menjadi kurang lancar. Jika aliran tidak lancar, maka daerah hilir pipa menjadi kurang terairi. Begitu pula dengan pembuluh darah. Jika kolesterol menumpuk, maka aliran darah menjadi tidak lancar dan daerah hilir pembuluh darah menjadi kurang diperdarahi. Darah yang bersirkulasi dalam pembuluh darah mengandung kandungan oksigen. Maka jika suatu bagian tubuh kurang diperdarahi, maka daerah tersebut juga menjadi kekurangan oksigen.

Pada kasus kepala, jika terdapat penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah otak, maka bisa terdapat bagian otak yang mengalami kekurangan oksigen yang kemudian dapat ditandai dengan keluhan sakit kepala. Keadaan ini perlu diwaspadai karena dapat mengarah pada stroke.

Sedangkan hubungan antara sakit kepala dengan mata adalah jika terdapat pada gangguan penglihatan (misalnya mata minus, mata plus, silindris atau tekanan bola mata meningkat), namun mata dibiarkan tidak memakai alat bantu kacamata yang sesuai dengan gangguan maka mata akan berakomodasi dan berusaha keras untuk menyempurnakan penglihatan. Mata yang berakomodasi terlalu kuat tersebut dapat menjadi lelah dan menimbulkan keluhan sakit kepala.

Jika sakit kepala tidak berkurang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis mata dan lakukan pemeriksaan CT scan kepala. 


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar