Sukses

Masa Subur Siklus Haid Tak Teratur

19 Oct 2014, 06:51 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok,saya mau nanya masa subur saya tuh pas tanggal berapa sih? saya bingung cara menghitungnya? misalkan tgl 29 oktober saya datang bulan, berarti masa subur saya tgl berapa? trs gini dok, kadang masa subur saya gk beraturan kadang maju kadang mundur tanggalnya, gmn dunks dok? mohon balesannya yah dok, saya sangat menunggunya?
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Jika siklus menstruasi jauh di luar kisaran normal, dapat dikatakan siklus menstruasi tidak teratur.

Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar