Sukses

Bawang Putih dan Bau Badan

10 Nov 2014, 08:04 WIB
Wanita, 30 tahun.

yth.dokter gizi, saya mau ty tentang mafaat bawang putih yg sesungguhnya ? bgmn cr agar setelah mkn bwg putih, jd tdk bau mulut dan bau badan? brp bnyk mengkonsumsi bwg tsb dan selama brp lama? terima kasih sebelumnya..

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bawang Putih telah lama dikenal sebagai bahan makanan penyedap rasa dan penambah aroma makanan. Tidak semua menyukai baunya, namun konsumsi bawang putih dapat membantu kita menjaga kesehatan.

Diperlukan penelitian yang lebih jauh lagi untuk menegaskan efek kesehatan dari konsumsi bawang putih. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi bawang putih, adalah:

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Pada beberapa penelitian, konsumsi bawang putih ternyata dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 7-8% pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Bahkan pada mereka dengan tekanan darah normal, konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah.

  2. Mencegah pengerasan pembuluh darah
    Konsumsi bawang putih dapat mengurangi efek pengerasan pembuluh darah yang sering terjadi dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Dengan menjaga tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah, maka bawang putih dapat berperan dalam melindungi jantung. Satu siung bawang putih setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita.

  3. Mencegah kanker saluran pencernaan
    Mengkonsumsi bawang putih juga nampaknya dapat melindung saluran cerna dari kanker usus besar, kanker rektal dan kanker lambung. Mengkonsumsi 1 siung bawang putih setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya kanker saluran pencernaan.

  4. Mencegah gigitan kutu
    Para peneliti menemukan bahwa frekuensi gigitan kutu pada mereka yang mengkonsumsi bawang putih lebih banyak menjadi lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

  5. Mengobati infeksi jamur
    Pengobatan infeksi jamur dengan jel bawang putih memberikan hasil yang memuaskan seperti pada pengobatan infeksi jamur dengan obat-obat antijamur yang sudah ada.

Pada sebuah penelitian di Department of Family and Social Medicine, Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, Bronx, New York ditemukan juga bahwa bawang putih memiliki efek antipembekuan darah. Untuk itu, sebaiknya bagi mereka yang akan menjalani prosedur operasi, menghentikan konsumsi bawang putih 7-10 hari sebelumnya.

 

Namun, masalah bau badan memang dapat menjadi masalah sendiri. Untuk lebih memahami masalah bau badan, saya sertakan artikel yang berjudul: Mengatasi Bau Badan.

Bagaimana dengan produksi keringat tubuh Anda? Karena bau badan juga dipengaruhi oleh produksi keringat maka biasanya sulit untuk dihilangkan seluruhnya, namun dapat dikontrol dan dikurangi. Bau badan dapat dikontrol dengan melakukan tips-tips yang disebutkan dalam artikel tersebut secara teratur untuk mengatur produksi keringat. Stres juga dapat menambah produksi keringat sehingga pengendalian pikiran juga termasuk hal yang sangat penting. Cobalah untuk menggunakan produk anti-perspiran pada malam hari. Hindari makanan-makanan dengan bau yang tajam. Anda dapat mencoba mengkonsumsi beberapa makanan yang ada dalam artikel: Aneka Ramuan Penghilang Bau Badan.

Apa yang Anda lakukan sudah benar, namun sebaiknya dilakukan dengan rutin untuk mengontrol kebersihan kulit dan produsi keringat. Tetaplah bersemangat dalam menjaga kebersihan dan melakukan tips-tips di atas dengan rutin dan teratur.

Memang betul terdapat terapi seperti yang Anda maksud untuk operasi pengangkatan kelenjar keringat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik terkait operasi tersebut. Selain itu, dokter juga akan mendiskusikan dengan Anda pilihan terapi lain seperti suntik botox untuk melumpuhkan kelenjar keringat. 

Hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa konsumsi bawang putih dapat menyebabkan bau badan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar