Sukses

Menstruasi mengalami diare

19 Oct 2014, 15:38 WIB
Wanita, 19 tahun.
mengapa setiap kali saya memasuki tanggal-tanggal menstruasi saya selalu mengalami diare atau muntah-muntah yang cukup parah? adakah cara untuk mengurangi atau mengobatinya?
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Apa Kabar ,

Terima kasih atas pertanyaannya . Pertanyaan Anda mengenai terjadinya diare dan mual serta muntah bila mendekati menstruasi .

Berdasarkan penyelidikan dalam tahun-tahun terakhir menunjukkan bahwa peningkatan kadar prostaglandin (PG) penting peranannya sebagai penyebab terjadinya dismenorhea ( nyeri pada saat menstruasi ) .

Terjadinya spasme miometrium ( ketenggangan otot uterus/rahim ) dipacu oleh zat dalam darah haid, mirip lemak alamiah yang kemudian diketahui sebagai prostaglandin; kadar zat ini meningkat pada keadaan dismenorhea dan ditemukan di dalam otot uterus. PGE2 (Prostaglandid E2) dan PGF2-alfa ( Prostaglandin F2-alfa) sangat tinggi dalam endometrium, miometrium dan darah haid wanita yang menderita dismenorhea primer ( dismenorrhea yang tidak diketahui sebabnya ) . PG menyebabkan peningkatan aktivitas uterus dan serabut-serabut syaraf terminal rangsang nyeri. Kombinasi antara peningkatan kadar PG dan peningkatan kepekaan miometrium menimbulkan tekanan intra uterus sampai 400 mm Hg dan menyebabkan kontraksi miometrium yang hebat. Atas dasar itu disimpulkan bahwa prostaglandin yang dihasilkan uterus berperan dalam menimbulkan hiperaktivitas miometrium. Selanjutnya kontraksi miometrium yang disebabkan oleh PG akan mengurangi aliran darah, sehingga terjadi iskemia sel-sel miometrium yang mengakibatkan timbulnya nyeri spasmodik. Jika PG dilepaskan dalam jumlah berlebihan ke dalam peredaran darah, maka selain dismenorhea timbul pula pengaruh umum lainnya seperti diare, mual, muntah.

Dismenorhea primer dapat dicegah atau dikurangi dengan cara Istirahat yang cukup , disertai :

  1. Olah raga yang teratur (terutama berjalan)
  2. Pemijatan
  3. Yoga
  4. Orgasme pada aktivitas seksual
  5. Kompres hangat di daerah perut (Prasojo,2005)

Apabila dengan cara diatas tidak juga menolong dapat diberikan obat untuk mengurangi rasa sakit . Apabila hal tersebut sudah Anda jalani dan tidak juga berkurang , sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk dapat dievaluasi . Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan. (ind)

Salam ,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar