Sukses

Gastritis Kronik

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 22 tahun.
mohon bantuan dan saran nya dokter teman saya ada yg menderita penyakit maag yg sudah kronis. jadi yang mau saya tanyakan 1. bagaimana penyembuhannya 2. apa saja larangan dan yang harus dilakukan terutama pada makanannya 3. apa yang di butuhkan nya dalam keadaan seperti itu. atas saran dan perhatiannya. saya ucapkan terimakasih bnyak.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan mengenai Maag Kronis atau gastritis kronik:

Gastritis adalah radang atau iritasi yang terjadi pada dinding lambung. Gastritis merupakan kondisi yang disebabkan oleh beberapa sebab. Gejala yang biasa dirasakan adalah nyeri atau rasa tidak enak pada bagian atas perut, yang kadangkala disebut mual.Ada dua jenis gastritis, pertama gastritis akut yang mungkin disebabkan oleh luka bakar yang serius, operasi besar, aspirin atau zat anti radang lainnya, kortikosteroid, obat-obatan, makanan atau adanya virus, bakteri atau racun kimia. Kedua gastritis kronik biasanya merupakan tanda adanya penyakit lain seperti tukak lambung (peptic ulcer), kelainan imunitas, kanker lambung atau anemia.

Ada beberapa tindakan medis yang akan dilakukan bila seseorang telah terdiagnosis terkena gastritis. Pilihan pengobatan tergantung dari penyebab gastritis yang dialami dan untuk mengurangi gejala yang timbul. Pengobatan yang paling aman adalah menghindari kondisi yang memacu terjadinya gastritis. Ini adalah langkah awal pencegahannya. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah kekambuhan dari gastritis adalah :

1. Makan teratur 

2. Makan sedikit namun sering. Usahakan makan setiap 4 jam sekali meskipun hanya makanan ringan. Hal ini untuk menghindari peningkatan asam lambung yang berlebihan akibat rasa lapar

3. Hindari stress, rokok, alkohol, kopi dan minuman lain yang mengandung kafein seperti cola dan teh

4. Hindari makanan pedas, asam, merangsang

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar