Sukses

ngilu saat minum dingin

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 27 tahun.
belakangan ini saya sering mendapatkan keluhan gigi ngilu di bagian gigi graham pada saat meminum minuman yang dingin padahal dulunya tidak, setelah saya lihat gigi graham atasnya terdapat lubang tetapi saya tidak pernah mengalami keluhan sakit gigi....yang mau saya tanyakan Apa Penyebab gigi ngilu dan bagaimana cara mengobati gigi yang ngilu tersebut mengingat gigi graham kanan saya terasa ngilu pada waktu minum
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Sdr. yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Keluhan saat minum dingin merupakan tanda-tanda bahwa lubang gigi sudah cukup dalam, sudah mencapai lapisan di bawah email yang keras,yaitu jaringan dentin. Pada lapisan dentin terdapat perpanjangan sel-sel saraf, oleh sebab itu kalau lubang sudah mencapai dentin maka akan terasa ngilu jika ada rangsang seperti minuman yang dingin atau asam. Jika lubang dibiarkan tidak dirawat akan semakin dalam menembus dentin, dan mencapai rongga di bawahnya (rongga pulpa) yang berisi pembuluh darah dan jaringan syaraf. Pada tahap inilah orang biasanya merasakan sakit gigi yang berat, berdenyut tajam dan spontan.
Kalau baru mencapai dentin, lubang gigi masih bisa ditambal dengan bahan tambal seperti biasa. Namun kalau sudah terlanjur dalam dan rongga pulpa sudah terekspos maka tidak bisa ditambal biasa lagi, karena kuman sudah masuk terlalu dalam. Jadi harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dulu, untuk mensterilkan akar+mahkota gigi dari kuman dan sel mati. Baru setelah itu gigi direstorasi, umumnya dengan tambalan logam tuang (inlay/onlay) atau mahkota tiruan. Perawatan saluran akar ini biasanya tidak selesai dalam satu kali kunjungan, dan berpotensi kegagalan jika pasien tidak disiplin atau operator kurang teliti.

Maka dari itu saya sarankan Anda sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter gigi agar lubang pada gigi tersebut segera ditambal sebelum terlanjur parah.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar