Sukses

Cara atasi mual

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, sy sekitar 1 bln lalu melakukan hub.intim dgn pacar sy (bkn yg prtama kali). Stlh 2 minggu, sy cek test pack hsl negatif dan stlh 2 hr sy lihat ada darah di cln dalam sy, darah tidak bgtu bnyk, sy kira sy sdh dtg haid, sy pakai pembalut trnyata dlm 1 hr itu dan lwt bbrp hr trnyata sy tdk haid. Sy tdk ingat kpn terakhir sy dtg haid di bln lalu, sy hnya ingat sy dtg bln setiap akhir bln smpai awal bln berikut. Tp sampai skrg blm dtg juga. Bbrp hr ni badan sy srg cape, rasanya mengantuk terus dan rasa mual sepnjang hr, kdg muntah sedikit, kepala jg krg enak. Sy memang berencana utk coba test pack lg, tp yg sy bingung bgmn mnghilangkan rasa mual/eneg ini? sy blm prnh mengalami sblmnya rasa mual spt ini. Terima kasih.
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Darah yang ditemukan setelah berhubungan intim dapat disebabkan dari iritasi pada saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan sehingga terjadi perdarahan dari vagina Anda.

Namun terdapat kemungkinan lain dari perdarahan yang Anda alami yang merupakan perdarahan yang terjadi akibat senggama atau disebut post coital bleeding. Kondisi ini sebaiknya juga ditanggapi dengan serius. Beberapa penyebabnya adalah :

  1. Peradangan pada serviks (leher rahim) dimana hubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan. Kondisi ini disebut dengan erosi serviks, umum terjadi pada wanita muda, wanita hamil, dan mereka yang memakai kontrasepsi pil

  2. Polip serviks atau polip rahim. Umumnya polip ini jinak

  3. Infeksi oleh klamidia, gonorea, trikomonas, dan jamur (Infeksi Menular Seksual)

  4. Vaginitis atropi yang umum terjadi karena kekurangan hormon estrogen, terutama pada wanita post menopause. Kurangnya lendir pada vagina menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri dan dapat terjadi perdarahan

  5. Kanker leher rahim Displasia serviks. Perubahan pre-kanker pada kanker leher rahim. Risiko meningkat dengan riwayat infeksi seksual sebelumnya, berhubungan seksual sebelum usia 18 tahun, melahirkan anak sebelum usia 16 tahun

  6. Mioma rahim yaitu tumor jinak yang berasal dari dinding otot rahim

Mengingat usia Anda, kemungkinan vaginitis atropi kecil, namun kemungkinan lainnya masih harus disingkirkan satu persatu untuk mencari penyebab utama perdarahan pasca hubungan ini.

Sedangkan mengenai rasa mual yang Anda rasakan dapat ditangani dengan obat penghilang rasa mual. Namun sebelumnya, periksa test pack dahulu. Karena jika Anda memang benar hamil, mual yang dirasakan adalah merupakan akibat dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada masa kehamilan. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam pemilihan obat mual. Konsultasi dan periksakan terlebih dahulu dengan dokter kebidanan dan kandungan.

Kami menghimbau Anda untuk menunda melakukan hubungan intim terlebih dahulu dengan pacar Anda, dikarenakan tindakan tersebut dapat memiliki efek yang merugikan bagi diri Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar